Bahan Rumahan Yang Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Rambutmu, Wajib Baca!

‘Rambut Adalah Mahkota Setiap Orang’ itu merupakan sebuah ungkapan yang sering kita dengar. Apalagi bagi kaum hawa, memiliki rambut yang sehat merupakan salah satu yang diidam-idamkan.

Namun, banyak masalah yang sering terjadi dan mengganggu kesehatan rambut. Misalnya rambut kering, ketombe, rambut berminyak dan lain sebagainnya. Akhirnya, banyak dari kita yang membeli berbagai obat atau vitamin rambut yang hargganya cukup mahal.

Tapi ada kabar baik, ternyata untuk mengatasi hal ini kamu tidak perlu yang mahal-mahal. Cukup dengan bahan yang mudah ditemukan, kalian bisa embuat masker dan menjaga kesehatan rambut. 

Berikut ini adalah beberapa bahan rumahan yang dapat mengatasi masalah-masalah pada rambut. Silahkan simak artikel ini sampai selesai.

1. Kondisioner dari Telur

7 Bahan Makanan Ini Ternyata Bisa Menyehatkan Rambutmu, Lho!

Bahan yang pertama yang dapat digunakan sebagai bahan perawatan rambut adalah telur. Ternyata selain berfungsi sebagai penambah gizi bagi perut, telur juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan rambut, yaitu dengan menjadi kondisioner. 

Kuning telur merupakan bagian telur yang mengandung lemak dan protein yang berfungsi untuk melembabkan rambut dan putih telur dapat mengurangi minyak berlebih pada rambut.

2. Mengatasi rambut rontok dengan kombinasi lidah buaya dan lemon

7 Bahan Makanan Ini Ternyata Bisa Menyehatkan Rambutmu, Lho!

Sudah banyak yang mengetahui bahwa lidah buaya merupakan salah satu bahan yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Baik itu digunakan untuk rambut, kesehatan kulit, pelembab wajah, dan lain sebagainya. 

Namun, dengan mencampurkan lidah buaya dan lemon, dapat membantu memperbaiki rambut rontok.

Caranya adalah dengan mencampur setengah sendok air perasan lemon dan gel dari lidah buaya secukupnya. Kemudian gunakan pada rambut dan diamkan selama 20 menit. Ini akan menjaga kekuatan dan ketahanan akar rambut.

3. Perpaduan antara buah alpukat dan minyak kelapa untuk melembabkan rambutmu

7 Bahan Makanan Ini Ternyata Bisa Menyehatkan Rambutmu, Lho!

Buah Alpukat merupakan salah satu buah yang paling sering ditanam di pekarangan rumah. Hall ini dikarenakan buah alpukat dapat dinikmati sebagai jus maupun dimakan biasa dan dibuat menjadi berbagai campuran untuk makanan.

Namun ada lagi fungsi dari buah alpukat. Yaitu menjadi pelembab rambut. Caranya yaitu dengan mengoleskan campuran tumbukan buah alpukat dengan 2 sendok teh minyak kelapa di rambut. Kemudian didiamkan didalam shower cap selama kurang lebih 30 menit.

Selain itu, buah alpukat juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengusir kutu yang membandel dikepala. Caranya sama seperti sebelumnya namun tidak perlu menggunakan minyak kelappa.

Kombinasi dari kedua bahan ini dapat memperbaiki kerusakan pada batang dan akar rambut serta menjaga kelembaban rambut.

4. Rambutmu rusak? Gunakan madu dan minyak zaitun

7 Bahan Makanan Ini Ternyata Bisa Menyehatkan Rambutmu, Lho!

Berikutnya, ada kombinasi 2 bahan berikutnya yang dapat menyehatkan rambut. Yaitu campuran madu dan minyak zaitun.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak, vitamin A, dan vitamin E yang dapat melembabkan rambut dan mengurangi ketombe. 

Selain minyak zaitun, madu juga dapat melembabkan rambutmu. Dengan mencampurkan setengah cangkir madu dan 2 sendok makan minyak zaitun lalu dioleskan pada rambut yang bersih, akan membantu menjaga kesehatan rambut.

5. Alpukat, yoghurt, madu, dan minyak zaitun

7 Bahan Makanan Ini Ternyata Bisa Menyehatkan Rambutmu, Lho!.com

Berikutnya ada campuran dari 4 bahan yang dapat memberikan hasil maksimal bagi kesehatan rambut. Dan hasil dari perawatan menggunakan 4 bahan ini, dapat memberikan hasil yang setara dengan vitamin rambut yang dijual di pasaran.

Yoghurt, madu, dan minyak zaitun dapat menutrisi dan melembabkan rambut. Dan alpukat memiliki khasiat untuk memperbaiki rambut yang rusak dan kering. 

Hal ini dikarenakan Kandungan vitamin A, B6, D, dan E pada alpukat yang dapat memberi nutrisi rambut dan membuat rambut lebih sehat. Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi rambut.

Cara membuat masker rambut dari campuran ke 4 bahan ini adalah dengan mencampurkan ke dalam mangkuk satu cup yoghurt, alpukat yang sudah ditumbuk halus, dua sendok teh minyak zaitun, serta satu sendok makan madu. 

Kemudian, oleskan secara menyeluruh pada rambut kamu dan diamkan di dalam shower cap selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas.

Itulah beberapa bahan rumahan yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Lebih mudah ditemukan dan murah tentunya. Silahkan dicoba.