Bangkitnya Twitter dari Alam Kubur

153

Media sosial adalah hal yang paling digandrungi oleh setiap kalangan saat ini, tidak hanya anak muda, namun kalangan orang tua, dan petinggi-petinggi negara pun tidak jarang memiliki media sosial seperti instagram, facebook, twitter, YouTube, dll. Efek domino dari persaingan media sosial sangatlah terasa. Jika influencer A memakai media sosial Y, maka pengikut A yaitu B, C, D juga kemungkinan besar akan ikut memakai media sosial Y. Begitu pun dengan orang-orang lain di sekitarnya.

Salah satu media sosial yang menarik perhatian adalah twitter. Meski sempat mati karena diterjang lawan barunya yaitu Instagram dan Path, namun kini twitter kembali hidup, sedangkan lawannya (Path) kini malah telah tutup usia. Selain Path, terdapat beberapa media sosial yang juga telah tutup usia seperti Friendster, Yahoo Messanger, Blackberry Messanger, dll.

Twitter adalah kasus media sosial yang terbilang amat jarang. Pernah hype-mati-lalu kini bangkit kembali bahkan namanya jauh melejit dibanding saat pertama kali launch di tahun 2009 dahulu. Satu-satunya tumpuan perusahaan jejaring sosial berhubungan dengan kebutuhan masyarakat akan komunikasi. Namun hal itu cepat sekali berubah seiring dengan perubahan jaman dan trend yang ada pada saat itu. Jika tidak mengikuti perkembangan jaman dan trend masyarakat, maka akan terpuruk.

Bukti bahwa makin kesini nama Twitter makin melejit adalah dengan kembalinya beberapa Public Figure Instagram yang telah lama meninggalkan akun twitternya, seperti Karin Novilda, Rachel Vennya, Dwihandanda, Andori, dan yang belum lama ini Twitter dihebohkan dengan kembali aktifnya akun @poconggg.

Setelah sekian lama menghilang dari Republik per-Twitter-an, kembalinya akun @poconggg langsung menggemparkan timeline Twitter dengan cuitan pertamanya yang berbunyi:

Tweet pertamanya tersebut langsung diserbu dan disambut hangat oleh para pengguna lama maupun pengguna baru akun twitter yang bertanya-tanya “Poconggg itu siapa sih? Kok rame banget?”. Tagar #WelcomeBackPoconggg pun jadi nomer 1 trending topic dalam seketika, lalu muncul lah tagar #TwitterMemintaRadityaDika yang berarti para netizan Twitter mengharapkan kembalinya Raditya Dika sebagai salah satu Public Figure fenomenal di Twitter pada masanya. Bahkan mengalahkan tagar para Kpopers yang menginginkan kembalinya BI sebagai leader dariBoy Band  iKON. Berbagai macam brand ternama di Indonesia juga tak mau kalah ikut meramaikan kembalinya si @poconggg di Twitter, yang secara tidak langsung menjadi ajang promosi gratis bagi brand-brand tersebut. Berikut beberapa contoh brand dengan sambutan hangatnya untuk @poconggg:

Poconggg adalah anonim, kita semua (hah kita???) sudah merasa cukup dengan cuitan-cuitan lucunya tanpa menebak-nebak perempuan atau laki-laki seperti apakah yang ada di balik akun @poconggg. Saking populernya Poconggg, ia berhasil menerbitkan buku yang berjudul “Pocong Juga Pocong”. Buku kalangannya tersebut dapat diterima di kalangan remaja, hinngga laris terjual dan akhirnya di angkat ke layar lebar. Seperti halnya sambutan hangat dari buku komedi karya Raditya Dika di awal-awal, seiring berjalannya waktu si Poconggg kian berjaya dan anonimitasnya menjadi sebuah point penting.

Luar biasa, secara tidak langsung ini membuktikan bahwa kekuatan twitter memang sedahsyat itu.

[zombify_post]

Previous articleSpot Instagrammable Museum Dessert Manila Yang Manis
Next articleHansol !! Youtuber ‘medhok’ yang mencuplik gaya seorang detektif kriminal.