Banyak yang Salah Kaprah! Begini Beda Kutub Utara dengan Selatan

14
Banyak yang Salah Kaprah! Begini Beda Kutub Utara dengan Selatan
Sumber : Canva

Banyak yang Salah Kaprah! Begini Beda Kutub Utara dengan Selatan – Apa perbedaan antara kutub utara dengan selatan? Ternyata banyak orang yang salah mengira selama ini.

Kutub utara dan selatan berada antara dua sisi berlawanan. Keduanya sama-sama memiliki suhu udara yang sama dinginnya, namun ada perbedaan antara Kutub Utara dan Kutub. Berikut penjelasannya.

Lautan vs Daratan

Banyak yang mengira Kutub Utara dan Selatan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun nyatanya, keduanya punya perbedaan yang cukup jelas lho.

Banyak yang Salah Kaprah! Begini Beda Kutub Utara dengan Selatan
Sumber : Canva

Kutub Selatan merupakan dataran yang dikelilingi lautan layaknya daratan di benua-benua pada umumnya. Sedangkan, Kutub Utara adalah lautan beku yang dikelilingi oleh daratan.

Penduduk Kutub

Meski memiliki suhu yang sangat ekstrim namun di kutub tetap memiliki penduduk yang menghuninya. Kutub Selatan adalah dataran dingin tanpa penghuni.

Sedangkan Kutub Utara yang hanya sekedar lautan beku, justru dihuni oleh sekitar 3 ribu jiwa manusia dari suku Inuit, Inupiat, Yupik, Chukchi, Kalaallit, dan Sami. Mereka umumnya datang dari negara-negara sekitar.

Hewan Penghuni

Sementara itu, tak hanya manusia, ada juga makhluk lain yang meninggali daerah kutub. Namun, kedua kutub ini memiliki hewan penghuni yang berbeda.

Baca Juga : Pernah Jadi Spesies Paling Banyak, Ini Penyebab Penguin Kaisar Terancam Punah

Di Kutub Utara, hidup beruang kutub, rusa kutub dan rubah salju. Sedangkan di Kutub Selatan hanya ditinggali oleh pinguin dan pinguin tidak bisa hidup di Kutub Utara lantaran suhu di Kutub Utara tidak sedingin Kutub Selatan.

Suhu di Kutub

Meski keduanya diselimuti es dan memiliki suhu yang mampu membuat badan terasa beku, Kutub Utara dan Kutub Selatan memiliki suhu rata-rata yang berbeda lho.

Kutub Utara memiliki suhu rata-rata sekitar -34 derajat celcius, sedangkan Kutub Selatan dapat mencapai rata-rata -49 derajat celcius dan bisa mencapai suhu -89 derajat celcius di Stasiun Vostok.

Global Warming

Pemanasan global yang terjadi memang membawa isu mencairkan es di kutub.

Kerusakan lapisan ozon yang terjadi di kedua kutub juga berbeda, Kutub Selatan mengalami kerusakan lapisan ozon yang lebih parah dibanding Kutub Utara.

Meski begitu, es di Kutub Utara lebih cepat meleleh di banding es di Kutub Selatan, khususnya di daerah Greenland.

Previous articlePernah Jadi Spesies Paling Banyak, Ini Penyebab Penguin Kaisar Terancam Punah
Next articleWow! Peninggalan Manusia Jenis Neanderthal Berusia 550.000 Tahun Ditemukan di Polandia