Bayi Tersedak Makanan, Ini Tips Melakukan Pertolongan Pertamanya

29
Bayi Tersedak Makanan, Ini Tips Melakukan Pertolongan Pertamanya
Sumber : Canva

Bayi Tersedak Makanan, Ini Tips Melakukan Pertolongan Pertamanya – Seorang perempuan bernama Widya yang berprofesi sebagai bidan membagikan video di akun TikToknya yang berisi tentang latihan pertolongan pertama pada bayi saat tersedak.

Video ini dibagikan oleh Widya dalam menanggapi cerita yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Cerita itu terkait bayi yang sedang tersedak sampai tidak bernafas. Dalam video yang viral itu memperlihatkan orangtua si bayi begitu khawatir dengan keadaan sang anak.

Mereka tampak kebingungan harus berbuat apa karena bayinya tersedak sampai tidak bernafas.

Beruntungnya, bayi tersebut ditangani dengan cepat oleh dokter dengan cara menepuk punggung bayi secara perlahan hingga bayi bisa bernafas kembali.

Melihat anaknya yang kembali bernafas, ayah dari bayi itu langsung sujud di kaki dokter karena telah menyelamatkan buah hatinya.

Ada kalanya sejumlah bayi tersedak saat sedang minum air susu ibu (ASI). Kondisi ini tak jarang membuat para orangtua panik terutama bagi orangtua yang minim pengalaman dalam menghadapi buah hati tersedak.

Bayi Tersedak Makanan, Ini Tips Melakukan Pertolongan Pertamanya
Sumber : Canva

Oleh karena itu, Widya selaku bidan membagikan beberapa latihan pertolongan pertama pada bayi tersedak di akun TikToknya @bidan.widya. Ia juga langsung mempraktekkannya dihadapan publik.

Widya menyebutkan ada tiga hal yang dapat dilakukan para orangtua saat si bayi tersedak. Hal pertama yang perlu dilakukan saat bayi tersedak, Widya meminta para ibu untuk berhenti menyusui bayi.

“Kemudian, miringkan bayi sebisa mungkin posisikan kepala bayi lebih rendah. Setalah itu, menepuk punggung bayi secara perlahan, agar ASI atau susu tidak masuk ke saluran nafas dan bisa keluar,” tulis Widya di dalam video yang diunggahnya.

“Terakhir posisikan bayi tengkurap. Dalam posisi tersebut, bagian punggung bayi ditepuk secara perlahan-lahan. Kepala bayi lebih rendah dari badan,” lanjutnya.

Baca Juga : Mom Wajib Tahu! Berikut 4 Hal yang Menghindari Bayi Terlahir Cacat

Video unggahan Widya telah ditonton oleh ribuan pengguna TikTok dan mendapat lebih dari 400 ribu like dengan 4061 komentar netizen. Mereka berterima kasih kepada Widya yang telah berbagi ilmunya.

Previous articleTerungkap! 5 Alasan Wanita Jepang Susah Gemuk
Next articleBerikut 3 Makanan untuk Mengatasi Masuk Angin