Benarkah Mendengarkan Musik Menjelang Tidur Berbahaya?

114

Tentu kamu pernah mendengar orang mengatakan bahwa mendengarkan musik sebelum tidur itu berbahaya, apalagi jika menggunakan earphone. Akan tetapi, masih ada saja orang-orang yang sering melakukan hal tersebut dan seolah mengabaikan himbauan untuk tidak mendengar musik menjelang tidur.
Lantas, bagaimana efek mendengarkan musik terhadap kesehatan seseorang? Dikutip dari berbagai sumber nyatanya mendengarkan musik menjelang tidur tidak selamanya berbahaya. Bahkan ada banyak manfaat bagi tubuh dan pikiran jika kamu mendengarkan musik sebelum tidur.
Para ahli kesehatan mengatakan bahwa mendengarkan musik dengan tempo lambat akan membantu otak menjadi lebih rileks. Hal itu terjadi karena indra pendengaraan manusia akan mengikuti tempo musik yang lambat dan mengirimnya ke otak sehingga membuat tubuhmu akan terasa lebih rileks.
Selain itu, musik-musik bertempo pelan juga akan membuatmu jadi lebih cepat mengantuk. Tak heran banyak orang yang memilih mendengarkan musik yang pelan ketika mengalami kesulitan tidur. Tapi ingat, jangan mendengarkan sambil ikut menyanyi, ya. Yang ada nanti kamu malah karoke sendiri dan ngga jadi tidur :D.Musik dengan tempo lambat juga disinyalir mampu membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin atau hormon penghilang rasa sakit. Tak heran ketika kamu sedang lelah atau merasa pusing lalu mendengarkan lagu bertempo lambat, sedikit demi sedikit kamu akan merasa lebih baik dan sakitmu mulai berkurang.Mendengarkan musik menjadi berbahaya ketika kamu sudah terlelap namun musik masih saja diputar. Memang kamu tidak akan menyadarinya ketika sudah terlelap, namun indra pendengaranmu akan terus bekerja dan membuat otakmu juga bekerja lantaran menerima suara dari musik yang diputar.
Padahal waktu tidur di malam hari merupakan waktu terbaik untuk mengistirahatkan otak dan pikiranmu setelah seharian beraktivitas. Untuk itu sangat disarankan ketika kamu mendengarkan musik menjelang tidur, berhentilah memutarnya sebelum kamu tertidur. Jadikan musik sebagai pengantar tidur saja, tidak perlu jadi pengiringmu berlabuh ke dermaga mimpi.
Over all, mendengarkan musik menjelang tidur memiliki banyak manfaat. Akan tetapi ketika ia juga menemani tidurmu, di situlah bahaya mulai mengintai. Jadi berhentilah memutar lagu sebelum kamu terlelap dalam tidur.

[zombify_post]

Previous articleKuota Internetmu Cepat Habis? Coba Dulu 4 Tips Ampuh Ini!
Next article3 Tipe Orang Ketika Liburan Akhir Tahun, Kamu yang Mana?