Berikut ini Kunci Untuk Mempertahankan Hubungan LDR

Tentu saja tidak ada yang ingin berpisah dengan pasangannya. Mau bagaimanapun, hubungan cinta tetap membutuhkan aktivitas fisik seperti sentuhan (belaian, pegangan tangan, pelukan dsb) dan aktivitas verbal (emngobrol secara langsung, pillowtalk, dsb). Perbedaan jarak tentu saja mengurangi aktivitas tersebut. Meskipun teknologi saat ini membuat LDR atau (longdistance relationship) menjadi lebih mudah, namun pada kenyataanya menjalani hubungan seperti itu tentu saja bukanlah hal yang mudah, dan membutuhkan keahlian khusus.

Jika tidak di jaga dengan baik, maka hubungan jarak jauh (LDR) memiliki resiko yang besar misalnya, kurangnya komunikasi sehingga memicu kesalah pahaman, serta rasa tidak percaya yang kadang-kadang timbul. Hubungan jarak jauh memang kadang menguras emosi dan menjadi cobaan berat bagi pasangan yang sedang menjalaninya. Maka dari itu, LDR memerlukan kiat khusus agar bisa terjaga dengan harmonis. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mempertahankan hubungan LDR:

Kepercayaan

Cara pertama adalah dengan saling menjaga kepercayaan. Kepercayaan merupakan pondasi utama dalam sebuah hubungan. Meskipun kalian sedang berjalan dan tidak pernah ketemu, kepercayaan antar sesama harus;ah selalu terjaga. Namun, harus hati-hati dengan asumsi. Para pejuang LDR harus mempunyai hati yang besar dan rasa percaya tinggi dengan pasangan.

Keterbukaan

Cara mempertahankan hubunga LDR yang kedua adalah dengan selalu terbuka kepada pasangan. Keterbukaan menjadi kunci kedua dalam sebuah hubungan jarak jauh. Kamu harus saling terbuka dengan pasanganmu. Ceritakan apapun yang kamu rasakan. Terbukalah jika kamu rindu dan bicarakan jika kamu cemburu. Pasti dia akan selalu mendengarkan dan memberi solusi untuk keluh kesahmu.

Kompromi

Cara mempertahankan hubungan LDR yang ketiga adalah selalu berkompromi dengan pasangan. Para pejuang LDR pastinya tidak jarang diwarnai dengan adanya konflik. Entah itu karena masalah besar atau masalah kecil, konflik akan selalu ada dalam sebuah hubungan. Kuncinya adalah dengan kompromi antar sesama. Dengan berkompromi kamu akan mudah menyelesaikan masalah dan mencairkan suasana. Jika ke depannya adalah masalah yang lebih kompleks lagi, kamu dan pasanganmu akan lebih mudah untuk menyelesaikannya. Ini dapat membuktikan seberapa kuat kompromi kalian sebagai partner

Komitmen

Cara mempertahankan hubungan LDR yang ketiga adalah berkomitmen. Selain hal tiga di atas komitmen juga menajdi kunci dan hal yang wajib dan harus ada dalam sebuah hubungan. Khususnya bagi kalian yang saat ini sedang berjuang menjalani hubungan jarak jauh. Cinta saja tidak akan cukup untuk mempertahankan sebuah hubungan. Memang rasa jenuh pasti ada dan hal itu dapat menyebabkan lunturnya cinta. Tapi, komitmen akan menjadi kunci dan membuat hubunganmu menjadi langgeng.

Kedewasaan

Cara untuk mempertahankan hubungan LDR yang kelima adalah dengan selalu bersikap dewasa. Kedewasaan memang tidak dapat diukur dengan usia atau angka. Kedewasaan menilai bagaimana kamu dalam bersikap. Kadang kamu harus peka dengan pasangan, kadang kamu  harus mengalah dan minta maaf walau bukan kamu yang salah, dan kamu tidak boleh memaksa. Dibutuhkan kedewasaan untuk mempertahankan hubungan lain.

Dekati orang tua dan teman-teman pasangan

Cara untuk mempertahankan hubungan LDR yang keenam adalah dengan mendekati orang tua dan teman-teman pasanganmu. Berusahalah untuk tetap menjaga komunikasi dengan keluarga dan teman-teman dekat pasangan anda. Secara tidak langsung, hal ini juga memiliki efek positif terhadap hubungan anda. Bagaimanupun juga orang-orang terdekat pasangan anda pasti juga sering menajalin komunikasi dengan pasangan anda. Jika anda baik dimata teman-temannya, maka merekapun akan memberikan lapoarrn bahwa anda masih setia padanya.

Sesekali kunjungilah pasangan anda

Cara untuk mempertahankan hubunga LDR yang terakhir adalah dengan sesekali mengunjungu pasangan anda. Jika memang memungkinkan, tidak ada salahnya jika anda mengunjungi pasangan anda. Hal ini tidak dapat dianggap hal yang sepele, karena bisa jadi kedatangan anda adalah sebuah anugerah terindah bagi pasangan anda sekaligus dapat memberikan sebuah kepercayaan bahwa anda memang benar-benar serius menjalani hubungan dengannya.

Nah itulah beberapa kunci agar kamu dapat mempertahankan hubungan jarak jauh yang sendang kamu jalani.