Biografi BJ Habibie, Presiden Indonesia Berjuluk Teknokrat

Biografi ini mengulas tentang kehidupan BJ Habibie setelah kembali ke Indonesia dan saat menjadi presiden Republik Indonesia ketiga menggantikan Soeharto. 1 min


Biografi ini mengulas tentang kehidupan BJ Habibie setelah kembali ke Indonesia dan saat menjadi presiden Republik Indonesia ketiga menggantikan Soeharto.

  1. 1 Kembalinya sang teknokrat ke Indonesia


    Pada masa pemerintahan presiden Soeharto. Habibie dipanggil oleh Soeharto untuk kembali ke Indonesia dan menjabat sebagai Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT. Selama 20 tahun beliau menjadi menteri dan selama 10 tahun menjadi pimpinan perusahaan BUMN Industri Strategis. Pada tahun 1995, beliau memimpin proyek untuk membuat pesawat pertama Indonesia yang diberi nama N250 Gatot Kaca.

    Sebagai pimpinan proyek, BJ Habibie merencanakan dan mendesain dengan matang pesawat ini selama 5 tahun hanya untuk desain awalnya saja. Dengan teknologi canggih dan terdepan kala itu, pesawat ini dapat terbang bahkan tanpa oleng berlebihan. Juga dengan menggunakan teknologi Fly By Wire, pesawat ini menjadi satu-satunya pesawat yang turboprop di dunia kala itu.

    Takdir berkata lain. saat IPTN pimpinan beliau sedang jaya-jayanya, presiden Soeharto memberikan perintah untuk menutup IPTN dan beberapa industri strategis lain dengan alasan krismon tahun 1996 – 1998. Akhirnya, karyawan IPTN sebanyak 16.000 orang mengais rezeki ke negeri orang. Mereka pun bekerja di daerah Brazil, Amerika, Kanada bahkan sampai ke Eropa. 

    Usai ditutupnya IPTN, BJ Habibie pun diangkat menjadi Wakil Presiden menemani presiden Soeharto tanggal 14 Maret 1998. Selang beberapa bulan beliau menjabat, terjadi demonstrasi besar-besaran oleh mahasiswa. Para mahasiswa menuntut Presiden Soeharto untuk turun setelah selama 32 tahun memimpin. Pada tanggal 21 Mei 1998, akhirnya Soeharto mengundurkan diri dari kursi Presiden. 

  2. 2 Menjadi Presiden Indonesia Ketiga


    BJ Habibie pun secara otomatis menjadi Presiden Republik Indonesia menggantikan Soeharto. Beliau menjadi presiden ketiga Republik Indonesia dan presiden Indonesia pertama yang bukan orang Jawa. Beliau memegang kursi Presiden hanya selama satu tahun beberapa bulan. Pada saat beliau menjabat menjadi Presiden, 

    Indonesia sedang mengalami banyak kerusuhan juga beberapa wilayah ingin melepaskan diri dari Indonesia. Salah satunya Timor Timur. Timor Timur ingin melepaskan diri dari Indonesia dan menjadi negara independen.

     Akhirnya, Timor Timur menjadi negara bernama Timor Leste. Akibat itu pula, BJ Habibie diturunkan dari kursi kepresidenan. Pidato pertanggungjawaban beliau ditolak oleh MPR pada sidang umum tahun 1999.

    Meskipun menjabat sebagai presiden hanya sebentar, kontribusi beliau kepada ibu pertiwi sangatlah penting. Diantarnya ialah lahirnya UU tentang Otonomi Daerah, membebaskan masyarakat membuat partai politik sehingga pada waktu itu banyak partai politik baru. 

    Pada bidang ekonomi, beliau berhasil menekan nilai tukar rupiah dengan dolar yang semulanya Rp.16.000/dollar menjadi Rp.9.000/dollar. Beliau juga melikuidasi bank bermasalah pada masa itu. 

    Setelah turun dari kursi presiden, BJ Habibie pun sudah kembali menjadi warga negara Indonesia biasa dan kembali bermukim di Jerman meski sesekali pulang ke Indonesia. Beliau menjadi warga negara yang memiliki 2 kewarganegaraan sekaligus, yaitu Indonesia dan Jerman.


What's Your Reaction?

confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item