Bisakah Obati Migrain dengan Hanya Dikompres Pakai Es? Ini Jawabannya

5
Bisakah Obati Migrain dengan Hanya Dikompres Pakai Es? Ini Jawabannya
Sumber : Canva

Bisakah Obati Migrain dengan Hanya Dikompres Pakai Es? Ini Jawabannya – Sakit kepala merupakan kondisi yang sangat umum terjadi, dengan hampir setengah populasi dunia mengalaminya, baik itu sesekali atau mungkin lebih sering.

Selain itu, setengah hingga tiga perempat orang dewasa di seluruh dunia, antara usia 18-65 tahun, pernah mengalami sakit kepala dalam setahun terakhir dan 30% di antaranya adalah migrain .

Mengobati sakit kepala pertama-tama tergantung pada jenis sakit kepala yang kita alami. Ada berbagai macam sakit kepala, dari sakit kepala tegang, migrain, hingga sakit kepala kronis yang terjadi setiap hari.

Sakit kepala sesekali dapat diobati dengan obat yang dijual bebas seperti aspirin, ibuprofen, atau asetaminofen. Sementara migraine adalah jenis sakit kepala yang mungkin memerlukan obat resep.

Melansir Health Digest, selain obat standar yang diresepkan dan direkomendasikan oleh dokter, ada beberapa alternatif alami yang dapat kamu gunakan juga.

Di antaranya, menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengonsumsi magnesium, dan menghindari makanan yang tinggi histamin. Kamu juga dapat mencoba kompres es jika sakit kepala datang, tetapi seberapa efektif itu?

Bisakah Obati Migrain dengan Hanya Dikompres Pakai Es? Ini Jawabannya
Sumber : Canva

Kompres Es Untuk Gejala Sakit Kepala

Ketika sakit kepala datang, dorongan pertama bagi kebanyakan orang mungkin adalah meminum obat yang dijual bebas di pasaran.

Namun, tahukah kamu bahwa ada obat alami yang bisa mengatasi sakit kepala? Yap, kompres dengan air es.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Hawai’i Journal of Medicine & Public Health mencatat bahwa migrain dapat diobati dengan kompres es selama lebih dari 150 tahun.

Ini dianggap sebagai metode perawatan diri nomor satu untuk migraine yang banyak digunakan.

Suhu dingin dari es dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang mengganggu transmisi sinyal rasa sakit ke otak. Alih-alih menafsirkan rasa sakit, otak akan berfokus pada rasa dingin tersebut.

Studi di Hawai’i Journal of Medicine & Public Health juga melaporkan bahwa 77% pasien melaporkan adanya pengurangan rasa sakit ketika sebungkus es beku dikompreskan dan ditempatkan pada arteri karotis di leher.

Cara Menggunakan Es untuk Mengatasi Sakit Kepala

Jika kamu mencoba mengobati sakit kepala atau migrain dengan kompres es, praktik terbaik adalah dengan mengoleskan es ke dasar tengkorak selama 15 hingga 20 menit, lalu biarkan selama satu jam.

Lepaskan kompres es tadi ketika sudah mulai mati rasa untuk menghindari terjadinyo risiko kerusakan pada kulit.

Baca Juga : Apakah Ada Manfaat Mencuci Wajah dengan Air Garam? Yuk Cari Tahu!

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan suhu panas untuk memerangi efek migrain, dengan kompres air panas atau mandi air hangat.

Meski begitu, National Headache Foundation merekomendasikan untuk menggunakan kompres es pada area pelipis atau dahi, sedangkan kompres air hangat harus di leher atau bagian belakang kepala.

Pencegahan dan pengobatan terbaik untuk sakit kepala dan migrain adalah dengan mencegahnya bahkan sebelum timbul.

Makan makanan secara teratur, menghindari makanan yang dapat memicu migrain seperti coklat, kafein, keju tua, dan alkohol, dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah sakit kepala timbul.

Previous articleIni Tips Cara Cepat untuk Bisa Hamil
Next articleYuk Simak, Cara-cara Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur