Bukan Hanya soal Uang, Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Pekerjaan Sampingan

Memiliki pekerjaan sampingan adalah sesuatu yang sangat penting. Dengan pekerjaan sampingan tersebut, tentu saja kamu akan mendapat penghasilan tambahan, dapat memanfaatkan waktu luang agar lebih produktif, menekuni hobi dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan saat memiliki pekerjaan sampingan:

  1. 1 Tambahan Penghasilan


    Alasan umum orang yang memiliki pekerjaan sampingan adalah mencari tambahan penghasilan. Terkadang, meskipun sudah bekerja di sebuah tempat, pendapatan perbulan masih kurang. Itulah kenapa penting untuk mencari penghasilan tambahan.

    Dengan pendapatan tambahan tersebut, kondisi keuangan tentu saja akan lebih aman. Pasalnya, kebutuhan makin hari makin bertambah. Misalnya saat masih jomblo masih bisa tinggal bersama orang tua. Namun kketika orang sudah berkeluarga mungkin butuh rumah baru sehingga harus kredit rumah. Atau bisa jadi untuk pembayaran uang pendidikan yang semakin meningkat tiap tahun.

    Mengandalkan pendapatan dari satu pekerjaan terkadang tidak cukup. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak terlalu memberatkan. Misalnya, ketika kamu sudah bekerja di kantoran, kamu bisa memanfaatkan peluang jualan online produk-produk yang banyak dicari orang.

  2. 2 Mengantisipasi Keadaan Terburuk


    Perkajaan sampingan bukan melulu soal penghasilan tambahan. Salah satu manfaat yang sangat penting dari pekerjaan sampingan adalah mengantisipasi keadaan terburuk. Misalnya jika kamu harus dirumahkan dari pekerjaan sekarang, dengan pekerjaan sampingan, maka kondisi keuangan kamu akan relatif aman. Kondisi semacam ini sudah terbukti dengan hantaman krisis yang disebabkan oleh pandemi virus Corona seperti sekarang.

    Banyak orang yang tiba-tiba harus kehilangan pekerjaan sebab pandemi tersebut. Sebelumnya, tidak banyak orang yang mengira akan kehilangan pekerjaannya. Namun setelah pandemi tersebut menghantam hampir di seluruh dunia, akhirnya banyak karyawan yang harus kehilangan pekerjaannya.

    Jika kamu memiliki pekerjaan sampingan, maka kondisi kamu akan relatif aman. Meskipun kamu kehilangan pekerjaan utama, masih ada pekerjaan lain yang bisa kamu kerjakan. Mungkin penghasilan tidak sebesar seperti gaji dari pekerjaan utama. Namun dukungan keuangan dari pekerjaan sampingan akan sangat membantu.

  3. 3 Lebih Bebas Belanja


    Orang yang memiliki pekerjaan sampingan, tentu saja akan memiliki sumber keuangan dari sumber lainnya. Itulah kenapa orang yang memiliki pekerjaan sampingan cenderung lebih bebas untuk melakukan belanja pada barang-barang yang menjadi idaman.

    Faktanya, kebanyakan orang harus hati-hati menggunakan uang dari gaji pekerjaan utama. Uang tersebut mungkin hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian selama satu bulan dan sisanya untuk menabung. Sementara untuk belanja, alokasinya belum ada.

    Nah, dengan pekerjaan sampingan maka belanja-belanja dapat diambilkan dari uang yang didapatkan dari pekerjaan sampingan. Itulah kenapa pekerjaan sampingan akan sangat bermanfaat.

    Namun tentu saja, dengan pekerjaan sampingan, energi yang kamu habiskan untuk setiap harinya akan bertambah. Oleh sebab itu, disarankan agar mencari pekerjaan sampingan yang membuat kamu merasa enjoy dan tidak terlalu memberatkan.

  4. 4 Mencari Suasana Lain agar Tak Bosan


    Dengan pekerjaan sampingan, kamu juga bisa menemukan sesuatu yang baru. Dengan pekerjaan sampingan yang kamu lakukan, mungkin akan membuat kamu tidak merasa bosan dalam bekerja.

    Ketika kamu bekerja di sebuah kantor, misalnya, tentu saja kamu memiliki tugas khusus yang setiap hari kamu kerjakan. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa bosan karena pengulangan aktivitas yang terus-menerus selama bertahun-tahun. 

    Maka dengan pekerjaan sampingan diharapkan akan ada hal lain yang bisa kamu kerjakan. Hal itu mungkin akan membuat kamu merasa tidak bosan.

    Di samping itu, kamu bisa menemukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan hobi kamu. Misalnya, kamu sangat suka dengan menulis, maka kamu bisa mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan hobi kamu tersebut. Asyik, bukan?

  5. 5 Mengisi Waktu Luang Lebih Produktif


    Dan yang terakhir, manfaat dari pekerjaan sampingan adalah untuk mengisi waktu luang. Setelah kamu selesai dari pekerjaan utama, mungkin kamu masih punya banyak waktu yang tersisa. Sementara itu kamu tidak tahu harus mengisi dengan kegiatan apa. Agar lebih produktif, maka kamu bisa untuk mengerjakan pekerjaan sampingan.

    Selain mengisi waktu luang, pekerjaan sampingan tersebut juga bisa menghasilkan uang. Tentu saja hal itu akan sangat menyenangkan, bukan?