Bukan Seperangkat Alat Shalat, Pria Di Kediri Ini Menikah Dengan Mahar Google Adsense

Bukan berupa uang tunai dan emas, belum lama ini sebuah acara pernikahan di Kediri, Jawa Timur mendadak menjadi viral karena mempelai pria yang merupakan seorang blogger memberikan mahar berupa Google Adsense dan hosting unlimited kepada istrinya.

Pasangan yang berbahagia tersebut bernama lengkap Halfi Candra Birawa dan istrinya bernama Mufidatul Khairiyah. Pernikahan keduanya jadi perbincangan hangat di sosial media dalam beberapa hari terakhir karena Candra mengungkapkan secara blak-blakan di blognya mengenai mahar unik yang diberikan kepada istrinya.

Dilansir dari berbagai sumber, Candra yang berasal dari Kediri itu mengatakan bahwa sejak awal dia memang sudah berniat untuk memberikan mahar berupa Google Adsense dan hosting Unlimited kepada mempelai wanitanya.

Mahar atau mas kawin itu diberikannya pada sang istri Mufida tepat di hari pernikahan mereka yang digelar di kampung halaman keduanya di Ngetrep, Sekaran, Kayen Kidul, Kediri, Jawa Timur pada Minggu (2/8/2020).

"Saya memberikan Google Adsense senilai $200 dan Hosting Unlimited selamanya (seumur hidup). Dan itu memang sudah menjadi nadzar saya, termasuk mengajarkan ilmu blogger kepada istri saya, dasar sampai expert." ucap Candra.

Candra sendiri tidak menyangka kalau tulisannya di blog mengenai mahar pernikahannya ini bakal menjadi viral di berbagai media sosial. Awalnya, dia hanya mengira tulisannya tersebut bakal cuma dibaca oleh teman-teman sesama blogger saja.

"Benar-benar tidak menyangka, tapi berkat share dari rekan-rekan sesama blogger, tiba-tiba kemudian banyak media yang datang untuk meliput dan meminta wawancara. Itupun saya juga cukup kaget, kok bisa ya ada media yang tahu. Tapi ya sudahlah, konsekuensi menjadi blogger memang harus siap terpublikasi, jadi disyukuri saja. Semoga menginspirasi yang lain." Candra menambahkan.

Candra sendiri mulai menekuni dunia blogger dan menulis blog sejak tahun 2013 silam. Namun dia baru benar-benar serius menjalani pekerjaan di dunia blog dua tahun setelahnya. Pada prosesnya, Candra lalu mendirikan komunitas blogger Jakarta pada tahun 2016 silam.

Begitu cintanya pada dunia blog, Candra awalnya berpikiran untuk memakai konsep blogger dalam pernikahannya. Mulai dari dekorasi, baju pengantin, souvenir hingga undangan. Tapi karena ada pandemi virus Corona, akhirnya Candra dan sang istri mengurungkan niat dan rela menikah dengan konsep yang lebih sederhana.

Lebih lanjut, Candra menyebut bahwa dirinya sempat ragu untuk memberikan mahar berupa Google Adsense yang merupakan pendapatannya per bulan dari kegiatan nge-blog, termasuk memberikan hosting unlimited. Dia khawatir tidak diizinkan dalam Islam.

"Akhirnya setelah konsultasi, ternyata dibolehkan. Dia (Istri) juga kaget dengan usulan saya. Khawatir keluarga besarmya bertanya-tanya tentang mahar yang saya berikan, mengingat yang menggeluti dunia digital di keluarga besar kami hanya saya seorang. Tapi berkat komunikasi yang baik, saya perlahan menjelaskan maksud dan tujuan besar saya. Alhamdulillah diterima oleh keluarga." tutur Candra lega.

Setelah menikah, Candra dan istri kini memutuskan menetap di Kediri. Mufida tetap melanjutkan pekerjaannya sebagai guru PGRA di Ngetrep, Sekaran, Kediri, dan Candra menekuni dunia blog secara fulltime alias blogger.