Cara Memperpanjang SIM secara Online di Tengah Pandemi Corona

41

Pandemi virus Corona membuat banyak kegiatan jadi terbatas, termasuk jika ingin melakukan perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi). Namun demikian, kamu tak perlu khawatir kena tilang akibat masa berlaku SIM kamu sudah habis. Sebab kamu bisa melakukan perpanjangan masa berlaku SIM secara online dan ada sejumlah keringanan dari pihak kepolisian.

Seperti yang kita ketahui bahwa penyebaran virus Corona masih cukup tinggi di Indonesia. Sejumlah wilayah di Indonesia masih ketat dalam menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Sementara itu, masa berlaku SIM kamu mungkin ada yang sudah kadaluarsa dan harus diperpanjang.

Di tengah pembatasan wilayah, tidak mudah untuk datang langsung ke kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) untuk melakukan perpanjangan SIM sesuai daerah pembuatan. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa melakukan perpanjangan masa berlaku SIM secara online. Sehingga kamu bisa datang di Satpas manapun di mana kamu berada.

Sebenarnya, kamu tak perlu buru-buru untuk memperpanjang masa berlaku SIM di tengah pandemi virus Corona ini. Sebab kepolisian telah memberikan dispensasi bahwa SIM yang habis masa berlakunya mulai 17 Maret hingga 29 Juni 2020 bisa diperpanjang setelah tanggal tersebut. Tanpa ada penilangan atau kewajiban membuat SIM baru.

Tapi jika kamu tetap ingin melakukan perpanjangan masa berlaku SIM, kamu bisa melakukan secara online. Kamu bisa melakukan ini di manapun kamu berada, meskipun di kota yang tak sesuai dengan KTP asal kamu. Namun Satpas yang kamu kunjungi hars sudah terdaftar secara online. Untuk mengetahui Satpas yang sudah melayani secara online, bisa kamu cek di laman berikut ini: sim.korlantas.polri.go.id.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan perpanjangan SIM secara online:

[zombify_post]

Previous articleJangan Lakukan 4 Hal Ini saat Bertengkar dengan Pasangan
Next articleTips Cara Mudah Belajar Agar Skor TOEFL Kamu Melejit tanpa Kursus