Cara Mengatasi Perasaan Insecure Pada Diri Sendiri

Insecure merupakan sebuah istilah yang menggambarkan perasaan tidak aman yang membaut seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri. Perasaan seperti ini tidak terhidnarkan dan pernah dialami oleh semua orang. Ada banyal hal yang dapat membuat seseorang merasa insecure, misalnya wajha, penampilan, nilai IPK, atau membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain. Hal ini dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Perasaan insecure dapat mengganggu kehidupan pribadi seseroang maka dari itu, insecure harus segera diatasi. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi perasaan insecure dalam diri.

Jadilah sahabat untuk diri sendiri

Kadang kala, kita menilai diri sendiri terlalu keras. Padahal, saat sedang merasa insecure, kita harus memperbanyak self love, bukan self judging. Kita harus mampu menerima kenyataan jika kita merasa insecure sambil mencari cara untuk mengatasinya.

Tidak perlu menunggu orang lain, kamu dapat menajdi sahabat untuk diri kamu sendiri. katakan pada diri sendiri hal-hal yang baik sehingga dapat memulihkan kepercayaan diri. misalnya saja, “terima kasih telah berusaha. Besok kita coba lagi” ketika kita berupaya memperoleh pekerjaan, tetapi tidak kunjung mendapatkannya.

Tinggalkan teman toxic yang menjatuhkanmu

Sadar atu tidak sadar, teman toxic bisa saja ada disekitar kita. Meraka ada di sekeliling kita dan kerap melontarkan koemntar-komentar negative sehingga kita merasa insecure. Memiliki teman toxic tidak membaut kehidupan kita lebih baik, justru sebaliknya mereka akan membuat kita insecure dan overthinking sepanjang waktu. Jika kamu memerlukan saran dan dukungan, maka pergilah ke orang-orang yang selalu mendukungmu dan memberikan komentar positif, konstruktif, dan membangun. Batasi pula interaksi dengan teman toxic dan jauhi mereka.

Lakukan langkah kecil untuk membangun kepercayaan diri

Menghilangkan perasaan insecure tidak terjadi dalam semalam. Ini adalah perjalanan panjang, jadi persiapkanlah langkah-langkah kecil untuk  membangun kepercayaan diri. kamu harus mendorong diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman untuk mengatasi insecure. Apabila hambatan kita adalah insecure pada diri sendiri, kita perlu melakukan self love dan menerima diri kita sepenuhnya. Tetapi jika kita hambatan kita adalah social insecurity (semacam social anxiety), beranikan dirimu untuk untuk say hi dan berkenalan dengan orang baru. Hal-hal kecil ini akan membuat kepercayaan dirimu meningkat.

Berikan self reward ketika berhasil melawan insecure

Ketika kamu berhasil mehatasi insecure, pastikan kamu menyadarinua. Misalnya saja ketika kamu berani speak up tentang kepiasan buruk pasangan yang tidak kamu sukai, atau berhasul melakukan presentasi dengan baik. Rayaakanlah hal-hal kecil ini dengan menghadiahi diri senridi . tek perlu mahal, misalnya dnegan eskrim, cokelat, atau skincare yang di inginkan sejak lama.

Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang menghargai keberadaanmu

Ketika kamu merasa insecure tidak ada salahnya jika kamu curhat ke sahabatmu. Dikelilingi oleh orang-orang yang suportif akan membantumu mengatasi rasa insecure kita. Sahabat atau orang lain yang memahami kita tidak akan cepat-cepat menjudge. Mereka juga  akan mengingatkan tentang hal-hal baik yang telah kamu lakukakan. Mereka juga tidak segan untuk membantu mu apabila menghadapi masalah.

Jangan menjadi orang yang self-centered

Perasaan insecure memanglah wajar dialami dalam sebuah hubungan asmara. Misalnya saja kamu merasa insecure ketika pasangan tidak membalas chat, padahal dia online. Rasa itu hanya akan menguras energy dan memicu pertengkaran dikemudian hari. Dari pada buruk sangka dan membuat insecure muncul, akan lebih baik jika ditanyakan langsung saat kondisi sudah tenang.

Jangan telalu banyak bergantung pada dengan orang lain

Dari pada bergantung pada orang lain, lebih baik kamu bergantung pada diri sendiri dari pada ke orang lain. Insecure itu berkaitan dengan kondisi kejiwaan tertentu misalnya narsistik, kecemasan, paranoid, dan terlalu bergantung pada orang lain untuk membuat kita bahagi.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi perasaan insecure. Jika kamu sudah tidak sanggup dengan insecure, datang lah ke psikolog yang akan membantumu. Semoga kamu segera lepas dari perasaan insecure.