Cara Menghadapi Fake Friend yang Menyebalkan

Apakah kamu pernah merasa bahwa ada beberapa teman yang munafik dan menyebalkan karena datang jika hanya ada butuhnya saja. Hal itu wajar saja, kerana setiap orang pasti memiliki banyak teman dengan karakteristik yang berbeda-beda. Namun, kadang sifat seperti itu bisa membuatmu risih dan bahkan merugikan. Nah, jika fake friend ini semakin menjadi-jai, tentu saja kita akan berada di posisi tidak nyaman dalam pergaulan. Jika begitu, maka lakukanlah beberapa cara di bawah ini untuk menghadapi fake friend yang  menyebalkan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Jangan judge terlebih dulu, bedakan  real friend dan fake friend

Jika kamu mempunyai teman dengan tingkat yang menyebalkan, bukan berarti dia fake friend. Kenali terlebih dahulu ciri-ciri fake friend yang sesungguhnya. Fake friend artinya teman yang datang saat membutuhkan sesuatu saja dan tidak ada jika kamu membutuhkannya. Biasanya, teman palsu ini juga sering membicarakanmu diam-diam.

Biasanya fake friend juga cenderung membuat kamu tidak nyaman jika sedang berinteraksi, misalnya sengaja menasihatimu di depan banyak orang atau menyudutkan mu secara halus. Sehingga, kamu tidak sadar jika sebenarnya dia sedang memojokkanmu. Jika kamu ingin punya teman yang baik, usahakan untuk memilih teman dan lingkungan yang baik pula. Itu bisa jadi salah satu cara menghindari teman menyebalkan.

Biasakan untuk tidak sungkan meminta bantuan

Ketika kamu sering membantunya saat terjebak masalah, maka kamu janganlah ragu untuk meminta bantuannya juga. Jika dia tidak mau atau cenderung menghindarimu, tanyakan alasannya. Apabila keadaan ini terus berulang-ulang, dapat dipastikan dia punya gejala fake friend. Sepertinya kamu harus membatasi komunikasi yang biasanya sangat intens.

Lebih sering berkumpul dengan teman yang membuatmu nyaman

Di antara banyak teman yang kamu punya, pasti ada teman-teman yang membuatmu nyaman pada saat suka maupun duka. Jika iya, lebih baik kamu fokus untuk menjalin relasi dengan mereka. Misalnya, memberi hadiah atau berkumpul bersama. Dari pada menyia-nyiakan banyak dengan teman yang membawamu ke pikiran negatif.

Memberikan masukan yang baik dari hati ke hati

Bukan berari ketika kamu memiliki teman palsu, kamu harus meninggalkannya tanpa basa-basi. Sebagai sesama manusia, kita harusnya saling mengingatkan. Mungkin saja sebenarnya dia adalah orang yang baik. Coba sesekali ajak dia untuk mengobrol dari hati ke hati. Tanyakan juga alasan dia kenapa cenderung punya perlakukan negatif kepadamu. Jika sudah diutarakan, kemudian carilah bagaimana solusinya dan beri kesempatan sekali lagi. Namun, apabila memang sifatnya memang aslinya seperti itu dan dia tidak bisa berubah sama sekali. Lebih baik kamu membatasi intensitas berkomunikasi.

Jangan lupa untuk mengevaluasi diri kita sendiri

Cara untuk menghadapi fake friend yang menyebalkan adalah jangan lupa mengevaluasi diri kita sendiri. Setiap orang tak luput dari kesalahan. Cobalah untuk mengingat-ingat kembali mungkin saja kamu pernah melakukan kesalahan pada masa lalu. Hal tersebut dapat menjadi alasan orang yang kamu angap fake friend itu memiliki rasa dendam sehingga bermanipualsi menjadi teman. Jika iya, tidak ada ruginya kamu meminta maaf terlebih dahulu dan mengubah diri kita ke perilaku yang lebih baik lagi. Siapa tahu setelah meminta maaf, dia akan luluh dan menjadi teman baik yang sesungguhnya.

Itulah beberapa cara untuk menghadapi teman mu yang fake friend yang menyebalkan. Jika bisa lebih baik batasi komunikasi mu dengannya.