Cara Menjaga Agar Tetap Fokus Saat Bekerja Di Dalam Rumah

53

Bekerja terkadang memang bukan hanya dilakukan dikantor saja, namun kadang kala ada pekerjaan yang harus dilakukan dalam ruangan rumah sendiri, baik itu pekerjaan lanjutan dari kerja sebelumnya atau memang sedang menjadi seorang freelance, maka kemungkinan besar akan dijalankan pada ruang rumah sendiri.

Pekerjaan yang dilakukan pada ruang rumah sendiri memang tidak bisa di pungkiri akan berbeda suasana, misalnya akan mendapatkan gangguan konsentrasi misalnya anak yang sedang rewel atau ada tamu yang sedang berkunjung dan lain sebagainya sehingga fokus menjadi hilang.

Tetapi pada dasarnya, semua gangguan tersebut bisa saja diatasi dengan baik bila memang paham akan hal yang harus dilakukan. Bila memang gangguan yang dialami berasal dari anak sendiri dan menghilangkan fokus maka pilihlah cara terbaik agar fokus tetap ada sekalipun anak sedang rewel di rumah.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar fokus tetap terjaga saat bekerja di rumah pribadi, diantaranya:

1. Berkomunikasi dengan anggota keluarga

Sekalipun sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan yang banyak di rumah, tidak diharuskan kita untuk cuek pada semua anggota keluarga terlebih pada anak sendiri. Seorang anak kecil memang sering berkomunikasi dengan orang tuanya misalnya sedang bertanya pada hal yang mereka tidak paham. Ketika mereka belum mendapatkan jawaban dan belum diberi tanggapan, tidak jarang anak akan menjadi rewel bahkan mengganggu pekerjaan yang sedang dijalani. Maka dari itulah ada baiknya menyediakan waktu khusus terlebih dahulu dengan anggota keluarga baru kemudian menjalankan pekerjaan yang sudah dimiliki sebelumnya.

2. Desain ruangan kerja yang baik

Ruangan kerja memang memiliki peran penting dalam sebuah pekerjaan. Peran ruangan terkadang berkaitan dengan mood seseorang. Memiliki ruangan yang menyenangkan jelas bisa membuat aktivitas semakin menyenangkan di lakukan tanpa adanya gangguan, misalnya ruangan yang kotor, membosankan dan tidak ada perubahan. Secara tidak langsung hal tersebut bisa mempengaruhi hasil kerja yang akan di dapatkan nantinya.

3. Disiplin waktu

Meskipun bekerja di rumah sendiri, bukan berarti tidak memperhatikan waktu bahkan mengatur waktu dengan benar. Pengaturan waktu yang salah jelas akan mempengaruhi aktivitas nantinya. Namun pengaturan waktu yang benar akan memberikan dampak positif misalnya pekerjaan akan cepat selesai tanpa adanya menunda pekerjaan karena asyik bersantai sebelumnya dan melupakan kewajiban yang sudah dimiliki.

4. Gunakan jam istirahat yang maksimal

Fokus kerja bukan hanya datang dari gangguan eksternal saja melainkan bisa disebabkan dari hal internal, misalnya kurangnya pengaturan waktu untuk beristirahat. Dengan kurangnya istirahat jelas bisa membuat fokus tidak bagus apalagi dalam keadaan kurang tidur.

Maka dari itulah sebaiknya tetap menjaga pola tidur, jangan beranggapan karena kerja dalam rumah sendiri kemudian melupakan jam tidur dengan baik. Seharusnya tetap menjaga jam tidur yang baik sekalipun tidak ada aturan kerja seperti pekerjaan dalam kantoran sebelumnya.

Dari beberapa penjelasan di atas, semoga bisa membuat anda semakin fokus lagi ketika sedang menjalankan sebuah pekerjaan dan bisa mendapatkan hasil yang baik lagi nantinya. Dalam dunia pekerjaan, dengan jenis apa pun pasti memerlukan yang namanya fokus, hal ini bertujuan agar pekerjaan tidak berantakan atau dikerjakan dengan asal-asalan dan bisa memberikan hasil yang kurang maksimal nantinya. Menjaga pikiran tetap fokus berarti sudah mempersiapkan tahap untuk mendapatkan hasil maksimal ke depannya.

[zombify_post]

Previous articleBeberapa Hal Yang Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan
Next articleCara Sederhana Membahagiakan Orang Tua Kita