Cara Menjaga Otak Tetap Sehat Hingga Usia Tua Nanti

11
Cara Menjaga Otak Tetap Sehat Hingga Usia Tua Nanti
Sumber : Instagram

Cara Menjaga Otak Tetap Sehat Hingga Usia Tua Nanti – Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan manusia untuk tetap menjaga otaknya menjadi sehat walau usia semakin bertambah.

Tentu hal tersebut dianggap tidak mudah untuk dilakukan namun memiliki hasil yang begitu efektif seiring pertambahannya usia. Salah satu penyakit yang paling rentan menyerang banyak orang adalah demensia atau pikun.

Terlebih lagi seiring dengan pertambahan yang usia hal tersebut sangat rentan terjadi oleh berbagai kalangan.

Berdasarkan hasil penelitian memperkirakan bahwasanya demensia ini berkembang setiap 3 detik.

Maka dari itu dengan semakin bertambahnya populasi manusia yang hidup di bumi juga menambah jumlah populasi manula. Untuk itu frekuensi atau juga intervensi ini sangat penting untuk diketahui.

Dari berbagai penelitian ternyata ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi berkaitan dengan aliran darah menuju otak. Hal tersebut juga dapat menjadikan faktor penyebab otak dianggap kurang sehat.

Cara Menjaga Otak Tetap Sehat Hingga Usia Tua Nanti
Sumber : Instagram

Pertambahan usia contohnya saja gaya hidup dan juga kadar kolesterol terutama juga berkaitan dengan kebiasaan merokok.

Hasilnya sangatlah mengejutkan di mana perokok orang yang mengalami hipertensi dan juga diabetes merupakan faktor besar dalam hal kontribusi penurunan kinerja otak.

Selain itu juga bagi sejumlah kalangan yang sering mengalami rasa nyeri pada bagian pinggang atau pinggul memiliki kontribusi besar dalam hal penurunan kecerdasan otak.

Cara Menjaga Otak Tetap Sehat

Maka dari itu hal tersebut tentu membuat banyak orang jadi bertanya-tanya. Sebenarnya apa saja yang bisa dilakukan untuk mempertahankan otak agar sehat seiring dengan pertambahan usia ini.

Maka dari itu simak berbagai penjelasan selengkapnya sebagaimana mengutip dari healthydigest.com, Selasa (4/10/2022).

Berhenti Merokok

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan rokok. Apabila memiliki kebiasaan berkaitan dengan hal tersebut sebagaimana studi yang sempat dilakukan di neurolmage tahun 2011 lalu.

Memberikan hasil bahwasanya orang yang cenderung memiliki kebiasaan merokok ini dapat menghilangkan materi abu-abu pada bagian otak selama 2 tahun. Padahal hal tersebut memiliki hubungan erat berkaitan dengan kognitif.

Mengurangi Risiko Diabetes

Berikutnya hal yang juga bisa dilakukan oleh berbagai kalangan adalah untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Sekaligus juga mengurangi risiko diabetes mengingat jika penyakit ini justru dapat mengurangi kinerja otak.

Baca Juga : Fakta Tentang Stres, Ternyata Dapat Bikin Sakit Pinggang

Untuk itu sebenarnya bisa dengan melakukan pola hidup sehat mulai dari sekarang. Contohnya saja rajin mengkonsumsi sejumlah sayur-sayuran dan juga kacang-kacangan.

Terutama juga mengurangi minum alkohol serta mengurangi konsumsi daging olahan dan juga daging merah.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Hal tersebut tidak hanya berpusat pada bentuk makanan yang dikonsumsi tetapi juga gaya hidup secara keseluruhan.

Karena terbukti mengecilkan kemungkinan terkena penyakit demensia terutama juga melakukan prosedur diet Mediterania. Sekaligus juga mengatur waktu tidur dan melakukan olahraga fisik.

Previous articleFakta Tentang Stres, Ternyata Dapat Bikin Sakit Pinggang
Next articleApakah Kamu Tahu? Ini Manfaat Kulit Lidah Buaya untuk Kesehatan