Cara Mudah Buat Kartu Ucapan Lebaran 2020 & Idul Fitri 1441 H untuk Status Media Sosial

Lebaran 2020 atau Idul Fitri 1441 H sudah di depan mata. Ini adalah waktunya kita saling memohon maaf kepada rekan, saudara, famili, pasangan, dan seterusnya. Dan semoga amal ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadan kemarin diterima oleh Tuhan yang Maha Esa.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa lebaran tahun 2020 ini atau Idul Fitri 1441 H akan jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. Mayoritas muslim di Indonesia akan merayakan hari kemenangan tersebut pada hari yang sama.

Sayangnya, lebaran tahun ini akan sedikit terasa berbeda. Jika pada tahun-tahun sebelumnya kita bisa berkumpul dengan seluruh anggota keluarga, mungkin tahun ini tidak bisa. Jika tahun lalu kita bebas silaturahmi ke mana saja, mungkin tahun ini tidak bisa. Semua itu karena tahun ini kita akan merayakan lebaran di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah telah mengimbau agar perayaan lebaran dirayakan #Dirumahaja.

Meskipun ada pembatasan-pembatasan pergerakan di luar rumah, tak semestinya keceriaan lebaran tahun ini sirna seluruhnya. Sebab, kita masih bisa halal bi halal dengan cara virtual. Kita bisa saling memohon maaf lewat media sosial. Kita bisa bersilaturahmi dengan cara virutal.

Kita juga bisa membuat status di media sosial untuk mengucapkan selamat lebaran kepada seluruh orang-orang yang kita cinta. Misalnya, kita bisa mengunggah gambar kartu ucapan lebaran di WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Kita bisa membuat kartu ucapan lebaran sendiri dengan menggunakan beberapa aplikasi di handphone kita. Caranya, kita tinggal pilih mana yang paling mudah dan kita suka. Simak ulasannya berikut ini:

  1. 1 Canva


    Canva adalah aplikasi paling mudah untuk membuat kartu ucapan lebaran. Aplikasi ini sudah menyediakan sejumlah template gratis di mana kita tinggal mengubah tulisannya saja. Kita bisa mendapatkan aplikasi ini di Playstore untuk pengguna Android dan AppStore untuk iOS.

    Kita tak perlu mendalami bidang desain untuk membuat kartu ucapan lebaran yang menarik menggunakan aplikasi Canva ini. Banyak pilihan-pilihan template yang bisa kita gunakan dan rata-rata sangat menarik. Ada beberapa template yang berbayar, namun kita juga bisa memilih yang gratis.

    Setelah selesai melakukan editing, kita bisa mengunduh gambar tersebut dan bisa kita gunakan sebagai status/story di berbagai media sosial kita.

  2. 2 Fotor


    Aplikasi ini hampir sama dengan Canva. Dalam aplikasi tersebut sudah terdapat beberapa template kartu ucapan lebaran yang menarik. Kita bisa memilih salah satunya dan kita sesuaikan isi pesan yang ingin kita sampaikan.

    Jika kamu ingin memiliki desain yang benar-benar berbeda dari yang lain, kamu juga bisa memulai desain dari nol. Artinya, kamu bebas menambahkan elemen-elemen sesuai yang kamu inginkan.

  3. 3 Slidely


    Slidely adalah aplikasi yang sangat menarik untuk membuat kartu ucapan lebaran. Aplikasi ini bukan hanya menawarkan desain gambar saja, namun kita juga bisa membuat motion graphic atau video.

    Selain itu, kita juga bisa menyisipkan lagu-lagu sebagai latar. Menarik, bukan?

  4. 4 Desain Online


    Sejumlah media online menyediakan layanan untuk membuat kartu ucapan lebaran, salah satunya adalah Detikcom. Di laman berikut ini (Buat Kartu Lebaran Online) kita tinggal memilih gambar latar, memasukkan nama kita, dan pesan yang ingin kita sampaikan. Setelah itu, hasil desain akan muncul dan bisa kita unduh ke gawai kita. Sangat mudah, bukan?

    Demikian tadi cara membuat kartu ucapan lebaran sendiri tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Kamu tertarik mencobanya?