Cara Terbaik Merencanakan Biaya Pendidikan Masa Depan Anak

Sudah banyak yang mengetahui bahwa biaya pendidikan anak setiap tahunnya mengalami peningkatan. Sehingga setiap orang tua harus merencanakannya dengan sungguh-sungguh. Besarannya juga berbeda-beda pada setiap orangnya, rata-rata sekitar 10%. Ini termasuk mulai dari tingkat sekolah hingga perguruan tinggi hingga kebutuhan biaya diluar biaya pendidikan juga tidak sedikit.

Jadi, kewajiban bagi orang tua salah satunya adalah mempersiapkan biaya pendidikan bagi anak dimasa mendatang supaya bisa menempuh pendidikan dengan lancar hingga tuntas. Sebagai orang tua tentu saja akan mencarikan tempat terbaik untuk anaknya dalam menempuh pendidikan. Agar dapat berjalan dengan lancar harus direncanakan jauh-jauh hari agar lebih mudah dalam menyusun anggarannya. Kamu dapat mengatur dan menyusun anggarannya dengan 4 paling berikut ini:

  1. Perlu Melakukan Tolak Ukur Terhadap Rencana Pendidikan Anak

Sebelum seorang anak masuk sekolah, kamu harus memperhatikan apa saja yang dibutuhkan anak selama menempuh pendidikannya. Diskusikan dengan pasanganmu bagaimana menentukan biaya pendidikan anak yang tepat. Contohnya saja mengenai kapan anak akan mulai sekolah, dimana sekolahnya (pilih status negeri/swasta), kapan harus mengeluarkan biaya pendidikan, serta apa saja yang perlu dibayar seperti (biaya hidup selama sekolah, kewajiban ketika sekolah, peralatan sekolah, transportasi, dan lain sebagainya). Kedua orang tua harus memperhatikan beberapa hal tersebut.

  1. Perkirakan Jumlah Biaya Yang Nantinya Akan Diperlukan Untuk Menempuh Jenjang Pendidikan

Hitung dan akumulasikan jumlah biaya yang harus kamu keluarkan dalam setiap bulan/tahunnya. Kamu juga perlu memperkirakan kemungkinannya terjadi inflaasi seperti naiknya biaya sekolah atau sejenisnya. Setelah kamu mengetahui jumlah biaya pendidikan anak, selanjutnya kamu harus mengambil tindakan sejak dini untuk mencari modal untuk mencukupi biaya tersebut. perhitungkan jua berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang.

  1. Mulai Membuat Tabungan Pendidikan Dengan Investasi

Dikarenakan dalam menempuh pendidikan anak memelurkan waktu yang dapat dibilang tidak sebentar, maka salah satu yang perlu dilakukan adalah menabung untuk membiayai pendidikan hingga kejenjang berikutnya. Penting bagi orang tua untuk  melakukan survey mengenai biaya pendidikan di sekolah maupun kampus yang dituju. Hitung kemudian tambahkan seberapa persen biaya yang perlu dibayarkan pada waktunya. Dan sesuaikan dengan pendidikan anak dengan pendapatan yang kamu terima setiap bulan.

Untuk membuka modal biaya pendidikan kamu juga dapat melakukan dan membuka investasi. Dimana investasi sifatnya jangka panjang yang cocok dengan pendidikan anak dimasa mendatang. Berapapun budget anda apabila memiliki uang mencukupi, maka dapay berinvestasi untuk mendapatkan pengembalian dimasa mendatang. Kamu dapat memakai tabungan emas dengan menggunakan aplikasi seperti Tamasia dan lainnya untuk menabung dalam persiapan pendidikan anak. Ini karena emas merupakan komponen yang tahan dengan inflasi sehingga bisa membuat uang tetap terjaga dari penurunan nilainya.

  1. Lakukan Manajemen Keuangan Dengan Baik

Selain beberapa cara diatas, cara berikutnya dalam merencanakan pendidikan anak ialah dengan melakukan manajemen keuangan dengan sebaik mungkin. Karena berapapun biaya pendidikan anak, melakukan manajemen kaungan sangatlah penting dilakukan. Ini bertujuan agar keuangan dapat diatur dengan mudah. melalui manejemen keuangan ini kamu dapat mengetahui apa saja kendala serta masalah ketika anak menempuh pendidikannya. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengambil tindak lanjut untuk memperbaikinya.

Perencanaan yang baik merupakan modal utama dalam mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga anda perlu memastikan bahwa cara nomor 4 di atas sudah kamu lakukan. Karena manajemen tersebut perlu dilakukan secara teratur serta terus menerus hingga anak mampu menyelesaikan studinya. Nah, itulah 4 Cara Sederhana Merencanakan Biaya Pendidikan Untuk Anak yang dapat kamu lakukan sebagai langkah pertama.