Cara Ubah Kebiasaan Buruk Agar Hidupmu Bisa Jadi Lebih Sehat

11
Cara Ubah Kebiasaan Buruk Agar Hidupmu Bisa Jadi Lebih Sehat
Sumber : Instagram

Cara Ubah Kebiasaan Buruk Agar Hidupmu Bisa Jadi Lebih Sehat – Pernahkan Kamu merasa kalau ingin mengubah kebiasaan buruk dan mau mencoba untuk hidup sehat, namun sepertinya susah banget.

Entah mau diet bingung, bagaimana melakukannya. Ingin olahraga tapi mager dan ada saja rasa malas. Kebiasaan buruk memang harus dilawan karena kalau tidak hidup tidak akan ada perubahan.

Kebiasaan tidak sehat tentunya bukan hal yang Kamu inginkan. Banyak ditemukan orang-orang yang ingin melakukan pola hidup sehat namun tidak bisa melakukannya secara konsisten.

Dilansir dari kanal youtube SatuPersen, ada dua penjelasan kenapa ini bisa terjadi. Pada dasarnya tubuh kita memang kesulitan untuk mengubah kebiasaan yang sudah lumrah banget kita lakukan jadi sesuatu yang baru.

Menurut salah satu pakar Adiksi dan Kesehatan Mental dari USA kebiasaan itu bisa bertahan di diri kita bukan cuma karena kita melakukan berulang-ulang.

Cara Ubah Kebiasaan Buruk Agar Hidupmu Bisa Jadi Lebih Sehat
Sumber : Instagram

Tapi juga karena peran otak. Misalnya rebahan dan olahraga. Itu dua hal yang sangat berbeda namun bisa menjadi kebiasaan.

Salah satu penggerak memori ini adalah area otak yang bernama Basal Ganglia. Basal Banglia inilah katanya yang bisa menjadi salah satu pelaku yang membuat kebiasaan lain cenderung buruk buat kita. Misalnya seperti makan banyak saat stres, sampai beragai macam hal yang salah.

Pola hidup sehat yang telah Kamu terapkan sebaiknya jangan dijadikan sebagai ajang untuk menghukum diri sendiri.

Misalnya ketika ingin diet namun yang dilakukan malah tidak makan sama sekali hingga menimbulkan pernyakit baru. Atau pun olahraga yang berlebihan yang dalam membahayakan diri sendiri.

Idealnya, untuk mengubah kebiasaan dari buruk menjadi baik bukanlah ajang untuk punishment.

Tapi sebenarnya ini adalah sebuah cara apresiasi diri atau self reward. Atau mungkin cara pertumbuhan Kamu supaya bisa jadi lebih sehat dan lebih baik.

Salah satu cara untuk mengubah kebiasaan buruk ialah dengan mempertanyakan pada diri sendiri sebenarnya apa alasan Kamu untuk mengubah ini dan ingin hidup jauh lebih sehat.

Ini sangat berguna banget untuk alasan personal karena ini akan sangat berguna banget untuk memotivasi diri kita.

Baca Juga : Cara Mengenali Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia

Ketika alasannya personal biasanya akan lebih bersemangat dibandingkan dengan alasan eksternal. Tidak hanya itu, target juga menjadi alasan yang jelas agar Kamu bisa menerapkan pola hidup sehat.

Selain itu, Kamu juga bisa melakukan dengan cara monitoring ke diri sendiri. Monitoring ke diri sendiri dimulai dari menjaga diri buat tidak balik lagi ke kebiasaan lama.

Jika hal ini terjadi, Kamu bisa mencar tahu alasannya sendiri dan segera atasi agar tidak lagi menjadi kebiasaan yang buruk.

Previous article5 Jenis Travelling yang Perlu Kamu Tahu
Next articleCara-cara Ini Ampuh Menaikkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Obat