Ciri-Ciri Teman Toxic yang Harus Segera Kamu Jauhi!

Teman toxic atau toxic friend merupakan istilah yang mengacu pada teman yang tidak mendukung dan memberikan konstribusi positif pada hidup kita. Mereka akan selalu membawa efek negative dalam kehidupan. Mereka akan membuat kita stress dan makan hati, seolah menjadi racun yang merusak kebahagiaan dan kesehatan mental. Teman seperti ini harus dihindari karena tidak bermanfaat bagi kehidupan kita. Jika kamu memiliki toxic friend, segeralah menjauh dari mereka. Berikut ini merupakan ciri-ciri teman toxic friend yang harus kamu ketahui dan hindari:

Memprioritaskan dirinya

Teman memang biasanya akan selau mendukung dan berada di sisi teman saat sedang kesulitan, tetapi kamu tidak perlu selalu memprioritaskan teman setiap saat! Toxic Friend akan menyuruh kamu untuk segera meninggalkan apa yang sedang kamu lalukan dan segera mambantunya, tanpa tidak mau tahu apa yang sedang kamu lakukan.

Hanya Memanfaatkan kita

Toxic friend hanya akan muncul ketika dia membutuhkanmu. Ini adalah ciri yang umum dari toxic friend. Teman seperti ini hanya menemani atau bahkan mengunjungi ketia ia seding membutuhkan bantuan, setelahnya, dia akan meninggalkan mu dan tidak peduli denganmu.

Memunculkan Drama

Toxic friend akan membuatmu merasa kesulitan untuk berada di dekatnya, kadangkala dia akan bersikap dingin atau hngat dengan tujuan tertentu. Kamu akan bersusah payah memprediksi suasana hatinya dan perlu berhati-hati dalam berbicara dan bertindak dengannya. Toxic friend juga dapat memunculkan drama antara kamu dengan orang-orang sekitar, terutama dengan teman-teman lain yang dapat membantu kita menjalani lebih baik.

Selalu bersikap negative

Toxic friend akan sering bersikap negatif dan merasa tidak puas dengan segala hal yang kamu lakukan dan merasa bahwa kehidupan yang dia jalani penuh dengan ketidak adilan. Bahkan ia bisa memproyeksikan sikap negatifnya pada mu dengan mengkritik dan tidak pernah memuji.

Hanya membicarakan dirinya

Toxic friend hanya akan membicarakan mengenai diriya sendiri, keluh kesah, dan pencapainnya. Ia tidak akan pernah mendengarkan kesulitan yang kamu alami ataupun menghargai pencapaianmu. Malah, dia bisa saja menjatuhkanmu.

Bersikap baik dihadapan orang lain

Toxic friend akan memberikan perlakukan yang berbeda antara kamu dengan teman lainnya. Ia tidak akan banyak berbicara atau hanya bersikap baik dengan kamu saat bersama dengan teman-teman lainnya.

Kamu yang selalu harus menjangkau

Toxic friend tidak akan pernah menanyakan kabar terlebih dahulu dan hanya muncul di saat tertentu saja. Kamu yang harus duluan berbicara, menelepon, atau mengirimkan pesan kepadanya.

Memanipulasi dan mengkritik

Toxic friend akan selalu memberikan kritikan negatif ataupun sarkasme terhadap penampilan maupun perbuatan mu. Ia berusaha memanipulasi mu agar mengikuti saran dan kemauannya.

Menyuruh berubah

Bukan hanya menerima atau menegur ketika salah, toxic friend malah akan menyuruh mu untuk berubah sesuai dengan keinginannya. Ia tidak akan mau mengubah dirinya meskipun perilaku buruh atau melakukan sesuatu yang salah.

Menggosipi orang lain

Hati-hati dengan teman yang senang bergosip. Hal ini karena, selain merupakan indikasi dari toxic friend, teman yang senang menggunjingi orang lain berpotensi untuk membicarakan kita tanpa sepengetahuan.

Membuat kita berkompetisi dengan teman yang lain

Toxic friend kerap kali membandingkan kamu dengan teman atau sahabat lainnya. Secara tidak langsung, kamu akan merasa perlu untuk berkompetisi dengan orang lain dalam merebut perhatiannya.

Suka menuduh orang lain

Meskipun salah, dia akan selalu menyalahkan orang lain selain dirinya sendiri dan bahkan sering kali dia menuduh mu.

Membuat kamu terjebak dalam masalah

Memiliki teman yang suka petualangan dan hal-hal yang mendebarkan  tidaklah salah, tetapi kamu harus menyadari bahwa teman yang malah menjerumuskan mu ke dalam hal-hal yang bruk merupakan toxic friend.

Itulah beberapa ciri toxic friend. Bila saat ini kamu terjebak dengan orang seperti itu, maka cepatlah menghindar dan menjauhinya.