Cuma Pungut Sampah, Pria Ini Bisa Bangun Perusahaan Rp 4 Triliun

85

Selama ada kerja keras, disitu akan selalu ada jalan untuk meraih kekayaan dan kejayaan. Seperti yang sudah dibuktikan oleh seorang pria bernama Brian Scudamore, pendiri perusahaan pengangkut sampah dengan merek dagang 1-800-GOT-JUNK.

Berdasarkan laporan yang dirilis dari CNBC, di usianya yang baru saja menginjak 19 tahun, Brian Scudamore bermaksud ingin mencari pekerjaan sampingan agar dapat membantu meringankan biaya pendidikannya di bangku kuliah.

Lalu pada suatu hari, Brian Scudamore melihat sebuah truk pickup tua usang dengan papan iklan Mark’s Hauling, sebuah perusahaan pemulung.

“Aku bisa melakukan itu,” pikir Brian Scudamore saat melakoni sesi wawancara dengan CNBC.

Dalam perjalanannya, Brian Scudamore lalu merelakan tabungannya sekitar 1.000 dollar AS untuk memulai bisnis layanan pengangkutan sampahnya, yang awalnya dia beri nama The Rubbish Boys.

“Di awal membangun bisnis ini, saya total menghabiskan dana sebesar 700 dollar AS untuk membeli sebuah mobil Ford F-100 tua dan sisa uang yang ada saya manfaatkan untuk pembuatan brosur dan kartu nama,” jelas Brian Scudamore.

Tak butuh waktu lama, dalam beberapa minggu pertama saja, Brian Scudamore mengungkapkan bahwa dirinya sudah bisa langsung balik modal. Bahkan saat bisnis sudah memasuki satu tahun pertama, Brian Scudamore mengaku sudah bisa meraup untung hingga mencapai 1.700 dollar AS, yang pada akhirnya Brian Scudamore gunakan untuk menutupi besarnya biaya kuliahnya.

Namun sejak itu, bisninya The Rubbish Boys berhasil tumbuh menjadi perusahaan besar menjadi 1-800-GOT-JUNK. Artinya, Bisnis si Brian Scudamore ini sudah bernilai setara 300 juta atau sekitar Rp 4,35 triliun (kurs: Rp 14.500) yang merupakan bagian utama dari keluarga besar merek yang diluncurkan oleh Scudamore berikutnya.

Perusahaan The Rubbish Boys ini tercatat juga mengoperasikan waralaba pembuangan sampah di sekitar 160 lokasi yang tersebar di wilayah Amerika Serikat, Kanada, dan Australia di bawah payung Merek O2E Scudamore, yang jika diterjemahkan kataya adalah; “bisnis setengah miliar dolar” dalam dolar Kanada, atau sekitar 368 juta dolar di Dolar Amerika Serikat.

Perusahaan induk Brian Scudamore ini juga sekarang termasuk perusahaan pengecatan rumah WOW 1 Day Painting dan bisnis perincian rumah Shack Shine, yang masing-masing didirikan oleh Brian Scudamore pada tahun 2010 dan 2015 silam.

“Omong-omong, Merek O2E adalah singkatan dari ‘Biasa hingga Luar Biasa,'” kata Scudamore.

“Kami menjalankan bisnis biasa seperti membuang sampah atau mengecat dan menjadikannya tampak begitu luar biasa dilihat berdasarkan testimoni dari para pelanggan.” tandas Brian Scudamore.

Brian Scudamore sendiri mengungkapkan bahwa saat dirinya memulai bisnis memungut sampah ini, ia memiliki ide bisnis yang bisa merubah kehidupannya. Brian kala itu mengaku cuma ingin bagaimana caranya bisa menndapatkan uang tambahan untuk membiayai kuliahnya.

“Apakah saya tahu hari itu bahwa ini akan menjadi sesuatu yang jauh lebih besar dari sekadar cara untuk membayar kuliah? Tidak,” kata Scudamore.

“Tetapi saya tahu bahwa jika saya memilih sesuatu dan saya berkomitmen dan terjebak dengannya, hasrat untuk membangun bisnis menjadi lebih besar lagi pasti akan segera menyusul,” imbuh Brian Scudamore

Previous articleMengenal Sosok John Juanda, Raja Judi Poker Amerika Asal Medan
Next articleGokil! 4 Orang Ini Masak Pakai Alat Bangunan Sampai Alat Berat