Cuma Tarung 1 Menit, Khabib Bisa Bawa Pulang Nyaris Rp 100 M

Khabib Nurmagomedov berhasil menang atas Justin Gaethje di UFC 254, lalu mengumumkan pensiun dari arena Octagon. Pada duel pamungkasnya itu, ‘The Eagle’ julukan Khabib berhasil membawa pulang uang yang sangat banyak.

UFC 254 di Fight Island, Abu Dhabi, Minggu (25/10/2020) menjadi panggung terakhir seorang Khabib Nurmagomedov. Khabib memutuskan bertarung dengan Justin Gaethje untuk mempertahankan sabuk juara kelas ringan.

Pada duel terakhirnya ini, Khabib cuma butuh dua ronde untuk menaklukkan ‘The Highlight’ Justin Gaethje. Khabib menggunakan jurus triangle choke berupa kuncian ke leher dengan menyilangkan kaki untuk membuat Justin bertekuk lutut.

Kemenangan ini mengantarkan Khabib berhasil mempertahankan sabuk juaranya, termasuk menjaga rekor bertarung bersih dari kekalahan dengan 29-0. Sayangnya, laga ini sekaligus jadi penampilan terakhirnya di arena Octagon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Sport Bible, Khabib Nurmagomedov pun sukses mengantongi uang sangat banyak hanya dari satu pertarungan tersebut. Menurut SportBible, Khabib membawa pulang uang sebanyak 6 juta dollar As atau sekitar Rp 88 miliar!

Sedangkan lawannya, Justin Gaethje cuma bisa mengantongi pundi-pundi uang sebanyak 440 ribu dollar AS atau sekitar Rp 6,4 miliar.

Berapa total kekayaan Khabib Nurmagomedov?

Merujuk pada data yang dirilis dari Wealthygorilla, Minggu (25/10/2020), kekayaan bersih Khabib Nurmagomedov pada tahun 2020 ini diperkirakan sudah mencapai 30 juta dollar AS atau sekitar Rp 438 miliar!

Meski demikian, Khabib bukanlah tipe petarung UFC yang senang hidup glamour di tengah berlimpahnya harta. Khabib memilih tetap hidup sederhana, tak pernah memamerkan kekayaannya.

Javier Mendez, pelatih Khabib Nurmagomedov dari AKA (American Kickboxing Academy) mengungkapkan bahwa Khabib merupakan pribadi yang sangat sederhana dan apa adanya. Bahkan dia menyebut, Khabib adalah ‘Toyota Man’.

“Mungkin banyak petarung UFC yang memilih naik mobil mewah seperti Lamborghini atau Ferrari. Tapi Khabib, sudah cukup dengan kehidupan sederhananya mengendarai mobil Toyotanya saja. Dia memang seperti itu, tidak pernah hidup mewah yang penting cukup dan dia di UFC memang untuk bertarung demi gelar bukan yang lain,” jelas Javier Mendez.

Selama Di UFC, Khabib Cuma Pernah Kalah Dua Ronde

Khabib Nurmagomedov sudah memutuskan pensiun dari arena tarung bebas Ultimate Fighting Championship dengan cara yang sungguh mencengangkan. Bagaimana tidak, dia juara kelas ringan tanpa sekalipun tersentuh kekalahan dan kalau pun kalah cuma pernah dua ronde.

Saat mengalahkan Justin Gaethje, Khabib tercatat cuma butuh dua ronde 1 menit 34 detik untuk mengalahkan ‘The Highlight’. Artinya apa, rekor Khabib selama jadi petarung di UFC sedari tahun 2012 silam adalah 29-0 alias belum ternoda.

Dirangkum dari berbagai sumber, Khabib Nurmagomedov tercatat sudah bertarung sebanyak 13 kali di ajang UFC. Sisanya, Khabib pernah main di ajang ProFC Rusia, GFP Russia, TFC Russia, PAC Russia, dan CSFU Ukraina.

Dari jumlah pertarungan tersebut, Khabib Nurmagomedov punya catatan fantastis di UFC dengan cuma pernah kalah dalam dua ronde di 13 pelarungannya!

Dua ronde itu adalah pertama kali ketika menghadapi Conor McGregor di UFC 229 pada tahun 2018 lalu. Di ronde ketiga, Khabib kalah angka karena meladeni permainan atas ‘The Notorious’.

Meski begitu di ronde keempat, Khabib mengakhiri perlawanan McGregor dengan memberikan cekikan leher dari belakang dan McGregor pun menyerah.

Kedua, ketika Khabib menghadapi Justin Gaethje. Di ronde pertama, Justin menang signifikan strike, 63 persen berbanding 38 persen dari Khabib. Tapi di ronde selanjutnya, Khabib Nurmagomedov menghempaskan Justin dengan jurus triangle choke, sebuah jurus kuncian yang pertama kali digunakan di UFC.

Maka status GOAT alias Terbesar Sepanjang Masa pantas disandang ‘The Eagle’.