Dampak Buruk Bagi Orang Yang Sering Merasa “Nggak Enakan”

52
Dampak Buruk Bagi Orang Yang Sering Merasa Nggak Enakan
Photo By: journal.sociolla.com

Dampak Buruk Bagi Orang Yang Sering Merasa “Nggak Enakan” – Apakah kamu termasuk orang yang sering merasa nggak enakan? Ternyata hal ini bisa membawa dampak buruk bagi dirimu sendiri.

Terlebih lagi pada kesehatan mental kamu sendiri. Nah, berikut ini dampak buruk yang bisa terjadi pada seseorang yang sering merasa “nggak enakan” yaitu di antaranya:

Mudah Dimanfaatkan Orang Lain

Memang, menjadi bermanfaat untuk orang lain merupakan perbuatan yang baik. Tetapi tidak selamanya hal tersebut baik untuk kedua belah pihak.

Sifat kamu yang sering merasa nggak enakan dapat menajdi sasaran empuk orang egois dan tidak tahu diri untuk memanfaatkan kebaikanmu.

Sebab merekat ahu kamu akan selalu bilang “iya” dan menuruti permintaan mereka tanpa penolakan.

Tidak Dapat Menolak Permintaan

Kamu tidak dapat berkata “tidak” terhadap segala sesuatu. Sebab kamu takut untuk menolak berbagai permintaan orang lain.

Hal ini meruapkan dampak yang umum. Namun, di samping itu sifat takut untuk menolak dapat menjadi efek buruk bagi diri kamu sendiri.

Jika kamu menolak tidak berarti kamu itu jahat. Namun justru itu merupakan bukti bahwa kamu berpegang teguh pada pendirian kamu.

Baca juga : Benda Aneh, Gunanya Bikin Kepo, 7 Benda Membuatmu Melongo Berjamaah

jadi jangan takut bilang “tidak” pada segala sesuatu yang memang seharusnya tidak dapat kamu terima.

Dipandang Remeh

Tak jarang, orang yang memiliki perasaan tidak enakan dipandang remeh oleh orang lain. Karena mereka tahu pasti kamu tidak akan pernah bisa memberontak.

Jadi terkadang orang yang tidak tahu diri meremehkan kamu dan menganggap kecil peresaanmu.

Tentunya hal tersebut bukanlah hal yang baik buat diri kamu sendiri, karena dengan membela diri bukan berarti kamu jahat.

Mengabaikan Diri Sendiri

Dampak buruk lainnya dari sifat nggak enakan adalah kamu selalu memikirkan orang lain dibanding dirimu sendiri.

Kamu menomor duakan kebahagiaan ataupun berbagai kesempatan karena tidak ingin bersaing dengan orang lain.

Sifat tersebut dapat mengganggu kesehatan mental dan kebahagiaan kamu. Jika kamu selalu memikirkan orang lain, lalu kapan kamu memikirkan kebahagiaan untuk dirimu sendiri? Sekali lagi, sifat egois itu perlu.

Melelahkan Pikiran dan Hati

Tentu saja sifat nggak enakan ini akan membuat hati dan pikiranmu lelah. Sebab, kamu selalu mementingkan orang lain dibandingkan dirimu sendiri.

Kamu berusaha agar terlihat sempurna di mata orang lain. Tapa ingin meninggalkan kesan buruk atau pun menyinggung perasaan orang lain.

Tetapi tidak semua hal yang harus kamu usahakan untuk kebahagiaan orang lain, istirahat, dan hatimu juga.

Selalu merasa bersalah

Kamu akan selalu mengalah demi menghindari perselisihan dan kamu selalu merasa bersalah meskipun posisinya kamu tidak bersalah.

Sifat tersebut justru merugikan kamu sebab orang yang melihatmu selalu mengalah akan bersifat sesuka hati mereka. Karena mereka tahu kamu akan terus mengalah tanpa memberontak.

Nah itulah beberapa dampak buruk bagi seseorang yang sering merasa nggak enakan. Kamu akan kelelahan secara fisik juga batin demi memenuhi kebahagiaan orang lain tanpa  memperhatikan kebahagiaan diri sendiri.

 

 

Previous articleInilah Cara Mendapat Rp. 143 Juta Sebulan Dari Youtube Shorts
Next articleKorea Selatan Resmi Sahkan RUU Anti Google