Deretan Sepeda Motor Bermesin Superbike Yang Masuk Sebelum Indonesia Merdeka

Bermesin Motor Superbike, motor-motor lawas dari Eropa ini sudah berkeliaran di jalanan Indonesia sebelum jauh sebelum kemerdekaan 1 min


Ada sebuah ungkapan bahwa "Yang Klasik itu lebih asik". Mungkin stigma ini ada benarnya juga bila kita menilik motor-motor zaman dahulu, khususnya motor yang sudah lalu-lalang di tanah air sebelum Indonesia merdeka.

Dari berbagai bukti, baik berupa fisik motornya, maupun foto lawas dan catatan-catatan yang dibuat oleh orang Belanda, ternyata selama mereka menjajah ibu pertiwi, mereka sudah asyik menunggangi si kuda besi.

Nah penasaran seperti motor-motor kuno sebelum era kemerdekaan itu? Biar tidak berlama-lama lagi, berikut 5 ulasan motor yang pernah berkeliaran di Indonesia sebelum jaman kemerdekaan.

  1. 1 J.C Potter


    J.C Potter sebenarnya bukanlah sebuah mereka. Sebab motor yang diproduksi tahun 1898 ini didapatkan tanpa merek dan hanya meninggalkan nama pemiliknya, J.C Potter. Motor buatan Jerman ini diketahui dipesan langsung oleh J.C Potter di pabrikannya di Munchen, Hildebrand und Wolfmuller.

    Motor J.C Potter ini ditenagai oleh mesin berkapasitas 1.500 cc twin cylinder horizontal dengan 4 katup dan water cooler. Motor J.C Potter berbahan bakar bensin namun tidak memiliki gearbox dan sistem kelistrikannya mampu menyemburkan tenaga 2,5 horse power pada kecepatan 240 rpm.

    Motor J.C Potter saat ini tersimpan rapi di museum Tantular Sidoarjo, dan pada deskripsi motor dituliskan Daimler bermesin uap.

  2. 2 De Dion Bouton Tricycle


    Motor jenis De Dion Bouton Tricycle merupakan motor yang begitu tren di masanya. Motor ini tercatat pernah terjual hingga 15 ribu unit yang tersebar di seluruh dunia. Uniknya, De Dion Bouton Tricycle dibuat oleh Jules-Albert de Dion tahun 1882 untuk motor penarik penumpang, bukan untuk motor pribadi.

    De Dion Bouton Tricycle yang diproduksi oleh Prancis ini masuk ke Indonesia tahun 1899 dan sudah dilengkapi tenaga listrik. Adapun kecepatan De Dion Bouton Tricycle bisa mencapai 65 Kmph, dan termasuk motor favorit jaman Hindia Belanda.

  3. 3 Ariel Motorcycles


    Ariel Motorcycles juga termasuk salah satu motor klasik yang pernah berkeliaran di jalanan Indonesia. Motor ini diproduksi tahun 1902 oleh perusahaan yang didirikan oleh James Starley dan William Hillman.

    Keluaran pertama Ariel Motorcycles sejatinya adalah motor beroda tiga dengan menggendong mesin De Bion Bouton yang bermesin listrik 2,25 horse power. Setelah tahun 1918, Ariel Motorcycles lalu memanfaatkan mesin merek Minerva da Kerry Motorcycles bermesin 2 tak 3 percepatan. Kapasitas mesinnya pun bermacam-macam dari 500 cc hingga 900 cc.

  4. 4 Reading Standard


    Tidak banyak catatan soal motor Reading Standard ini. Tapi motor Reading Standard merupakan salah satu produk dari pabrikan Charles Gustafson yang notabene adalah seorang desainer motor terkemuka di zamannya.

    Motor buatan Charles ini sendiri pernah dibawa Gerrit de Raadt untuk melakukan perjalanan dari Jakarta dan Surabaya dengan catatan waktu tempuh kala itu mencapai 20 jam 45 menit. Dengan catatan tersebut, bisa dibilang Reading Standard ini adalah motor yang performanya cukup gahar di zamannya.

  5. 5 Excelsior


    Excelsior merupakan produsen pertama motor asal Inggris yang dikenal senang memproduksik motor berkecepatan tinggi. Dengan kualitas yang ditawarkan, wajar jika Excelsior ditawarkan kala itu dengan harga yang lumayan tinggi di jamannya. Excelsior termasuk motor sport yang legendaris.

    Di Indonesia, motor Excelsior pernah menjadi motor pertama yang bisa berlari dengan kecepatan 160 Kmph. Excelsior sendiri dijual di Indonesia dengan mesin V-Twin, IOE dan mesin 1.000 CC dengan 3-percepatan.

    Fritz Sluijmers pernah menggunakan Excelsior dalam perjalanan Jakarta-Surabaya dengan catatan waktu tempuh mengalahkan reading Standard, yakni 20 jam 24 menit.


What's Your Reaction?

confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item