KerenKeren SedihSedih LucuLucu TerkejutTerkejut KetawaKetawa MarahMarah

Digaji Rp 41 Juta/Bulan, Begini Cara Jadi Tukang Parkir Pesawat

Seperti dihimpun dari berbagai sumber, di luar negeri profesi sebagai tukang parkir pesawat sangatlah menjanjikan. Tak main-main, gaji per tahunnya sangatlah tinggi, yakni mencapai Rp 500 juta hingga Rp Miliar per tahun atau setara Rp 41,6 juta per bulan.

Merujuk pada hal tersebut, pekerjaan sebagai tukang parkir pesawat atau yang dikenal dengan nama marshaller mulai banyak dilirik masyarakat. Nah untuk kamu yang berminat, berikut cara dan estimasi biaya pendidikannya.

Meski seringkali luput dari perhatian, profesi tukang parkir pesawat sebenarnya memegang peranan cukup penting dalam dunia penerbangan. Tak heran kalau gaji yang didapat seorang marshaller tidak sedikit.

Untuk kamu yang penasaran dan mungkin tertarik bekerja sebagai tukang parkir pesawat ada satu lembaga pendidikan yang mungkin bisa kamu tuju, yakni Asta Learning Center yang berlokasi di Denpasar Utara, Bali.

Seperti dilihat dari situs resminya, Asta Learning Center merupakan sebuah institusi pendidikan yang bergerak di bidang Aviation atau penerbangan. Mencakup pelatihan tenaga kerja yang akan bekerja di industri terkait.

Selaku Institusi pendidikan di dunia penerbangan, Asta Learning Center juga memiliki koneksi dengan maskapai penerbangan yang terkait, bandara hingga perusahaan-perusahaan dalam dunia penerbangan. Adapun salah satu yang ditawarkan adalah program pelatihan dan pendidikan Marshaller Air atau juru parkir pesawat.

“Untuk dapat menjadi seorang ground staf dibutuhkan pengetahuan dalam dunia penerbangan, keahlian customer service, complaint handling, dan penguasaan Bahasa Inggris untuk penerbangan dunia.” tulis informasi di situsnya.

“Semuanya ini akan Anda dapatkan di Program Airline Ground Staff Asta Learning Center. Program Kurikulum disusun secara cermat dan proporsional, lengkap dengan berbagai macam kompetensi tambahan,” sambungnya.

Dijelaskan, siswa yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Indonesia).

Untuk syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa bekerja sebagai juru parkir, yakni umur minimal 18 tahun hingga umur maksimal 27 tahun, sertifikat minimal lulusan SMU, tidak buta warna dan syarat formal lainnya.

Setelah memenuhi syarat dasar, kamu wajib membayar biaya pelatihan. Asta Learning Center mematok harga pribadi yang cukup bersahabat untuk program pelatihan dengan durasi satu tahun.

“Biaya Pendidikan dan Pelatihan Aircraft Marshaller Asta Learning Center untuk kelas dan tahun ajaran 2020/2021 sebesar Rp. 4.500.000,” tulisnya.

Biaya yang dikenakan pada kelas tersebut termasuk 6 bulan pembelajaran di kelas, 6 bulan pelatihan di lapangan, modul, seragam, kaos diklat, biaya OJT (On Job Training), sertifikat dan biaya wisuda. Tapi harga tersebut belum termasuk biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu.

Sedangkan dalam proses pelatihan, akan dilakukan di ruangan ber-AC, lengkap dengan WiFi dan perpustakaan hingga pas bandara. Para peserta didik juga tidak perlu khawatir, karena Asta Learning Center telah berafiliasi dengan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Menariknya lagi, sistem pendaftaran sudah bisa dilakukan secara online. Sedangkan untuk pembayaran pelatihan, dibagi menjadi tiga tahapan.

Begitulah rincian cara dan biaya yang diperlukan untuk bisa bekerja sebagai juru parkir pesawat. Selain Asta Learning Center, tentunya juga ada lembaga pendidikan penerbangan lainnya di sejumlah daerah yang berbeda.

Hanya satu yang perlu jadi catatan, pastikan kalau institusi penyedia pelatihan sebagai marshaller atau juru parkir pesawat yang kamu pilih telah tersertifikasi dan berafiliasi dengan pihak Kemenhub dan pemangku kepentingan terkait.

Tentu saja kesemua itu penting demi keabsahan dan jenjang karir profesionalmu ke depan.