Dihargai Hingga Puluhan Juta Rupiah, Apa Sih Keistimewaan Uang Koin Ini?

110

Uang koin bergambar kelapa sawit dengan nominal Rp 1.000 sedang viral di sosial media dalam beberapa hari terakhir. Di situs jual beli online, harga uang koin ini bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah, lho,

Uang koin bergambar kelapa sawit ini mendadak viral karena penawaran harganya jauh diatas nilainya sendiri di beberapa situs marketplace. Seperti di Shopee, uang koin kelapa sawit ini dilepas di harga Rp 17 juta. Sementara di Tokopedia, uang lama buatan Bank Indonesia ini, harganya bahkan udah menyentuh angka Rp 27 juta guys.

Alhasil, uang terbitan tahun 1993 itu pun sontak jadi perbincangan warganet. Hal itu bisa terjadi karena para penjual bisa menaruh harga sesuka mereka. Tapi satu hal yang musti kamu tahu, uang koin kelapa sawit ini memang punya keistimewaan tersendiri dibanding uang logam yang pernah dan sementara beredar di Indonesia.

Dari segi komposisi saja, uang logam kelapa sawit ini sudah berbeda dari uang koin lainnya yang ada di Indonesia. Dilihat dari situs Bank Indonesia, komposisi uang logam kelapa sawit, untuk lingkaran luarnya terbuat dari Cupro Nikel, sementara lingkaran dalamnya berbahan aluminium bronze atau tembaga.

Merujuk dari komposisi diatas, uang koin kelapa sawit ini menjadi satu-satunya uang koin Bimetal terbitan Bank Indonesia. Selain dari segi komposisi, keunikan uang koin kelapa sawit juga terletak pada temanya.

Koin ini merupakan satu-satunya uang logam BI yang bertema tanaman perkebunan. Memang ada yang bertema tanaman, yakni di uang Rp 500, tapi itu bunga bungaan, tepatnya, bunga melati. Adapun koin BI yang lain kebanyakan bertema burung, seperti burung Kepodang yang ada di uang Rp 50, burung Kakaktua di uang Rp 100, dan Jalak Bali pada uang Rp 200.

Nah yang makin bikin uang logam kelapa sawit makin unik dan mungkin layak dihargai mahal adalah soal bobotnya. Uang seribuan ini menjadi satu-satunya uang logam keluaran Bank Indonesia yang punya massa bobot hingga 8,6 gram dengan diameter atau garis tengahnya mencapai 26 mm.

Uang seribuan ini juga jadi yang pertama dikeluarkan BI dalam bentuk logam. Sebelumnya belum pernah ada uang logam pecahan Rp 1. 000. Otomatis, koin kelapa sawit ini menyandang status sebagai uang logam pecahan ribuan yang pertama di Indonesia.

Berdasarkan data di situs resmi Bank Indonesia, uang logam kelapa sawit ini ternyata masih bisa dijadikan alat tukar saat melakukan transaksi jual beli di Indonesia. So, sudah tahu kan kenapa uang koin kelapa sawit dalam beberapa hari ini viral di jagat maya.

[zombify_post]

Previous article6 Kebiasaan yang Sangat Menguras Energi tapi Tidak Berfaedah
Next articlePercaya Tidak Percaya, Bila Rasakan 4 Tanda Ini, Artinya Kamu Sedang Dibicarakan Orang