Dituguh Plagiat, Inilah Tanggapan Sutradara Squid game

105
Inilah Tanggapan Sutradara Squid game
Photo By: denofgeek.com

Dituguh Plagiat, Inilah Tanggapan Sutradara Squid game – Serial Netflix yang sedang viral, Squid Game dituduh telah melakukan plagiat dari film Jepang “As The Gods Will” yang rilis tahun 2014 lalu.

Keduanya itu sama-sama menceritakan tentang permainan tradisional yang membunuh peserta yang kalah.

Tuduhan plagiarisme ini juga sudah mencuat sejak trailer pertama Squid Game. Menanggapi hal ini, sutradara Hwang Dong Hyuk menegaskan bahwa dia tidak menjiplak dan memplagiat karya siapa pun.

” Saat kami syuting, aku dengar ada kemiripan dengan As the Gods Will. Permainan pertama di Squid game adalah Mugunghwa Has Bloomed dan memang mirip.

Tapi itu kemiripan yang tidak disengaja dan tidak ada hubungannya dengan film. Setelah itu, tak ada lagi yang sama.” Tutur sang sutradara yang dilansir dari kumparan K-pop.

“Permainan pertama juga telah ditentukan ketika aku menggarap naskah pada 2008-2009. Aku tidak melakukan plagiat. Justru sebenarnya aku yang pertama, karena aku yang menulisnya duluan.” Lanjut Dong Hyuk.

Dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual sebelum penayangan drama tersebut, sang Sutradara juga menjelaskan proses penggarapan Squid Game sejak awal produksi.

“Setelah syuting film  pertamaku si 2008, aku banyak membaca manga dan manhwa. Aku melihat banyak cerita tentang perjuangan hidup. Jadi menurutku menarik kalau genre ini dibuat versi Korea.” Jelasnya.

Baca Juga : Wah, Drama Korea Dr Romantic Season 3 Siap Diproduksi

Dong Hyuk juga menambahkan bahwa naskah Squid Game telah dirampungkannya pada 2009.

Namun, saat itu dirinya gagal mendapatkan investor dan sulit mencari pemain yang tepat. Ceritanya juga dianggap masih terlalu asing dan brutal.

Hingga akhirnya satu dekade kemudian, naskah Squid Game dianggap cukup unik dan mencerminkan kondisi masyarakat saat ini. Dong Hyuk pun melanjutkan ceritanya dan menyelesaikannya dalam dua tahun.

Mirip Dengan As The Gods Will

Sebelumnya, warganet menyebut sejak episode pertama alur cerita Squid Game ini sudah mirip dengan film As The Gods Will.

Pada permainan pertama Squid Game, para peserta memainkan Mugunghwa Flower Has Bloomed yang menampilkan boneka raksasa.

Mereka yang bergerak saat boneka menengok ke arah peserta akan langsung ditembak mati.

Permainan yang sama juga ditampilkan dalam film As The Gods Will. Sebuah boneka menyeramkan akan membunuh siswa yang ketahuan bergerak.

Tidak hanya itu, permainan tarik tambang di Squid Game juga disebut mirip dengan film jepang tersebut.

Previous articleRekomendasi Serial Netflix Terbaik Tahun 2021 Yang Wajib Ditonton
Next articleJajanan Ala Minimarket Korea Terpopuler Yang Harus Kamu Coba