Dusun Butuh dan Desa-Desa Lain di Indonesia yang Mempesona, Wajib Kamu Kunjungi

Di salah satu sudut Indonesia terdapat sebuah desa yang sangat mempesona. Berikut ini adalah beberapa desa yang penuh dengan keindahan tersebut:

  1. 1 Desa Wae Rebo


    Desa Wae Rebo adalah sebuah desa unik yang berada di Kecamatan Satarmase, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Ini adalah desa adat yang memiliki pemandangan yang mempesona. Ketika kamu berkunjung ke sini harus menjaga sikap agar tidak mengganggu penduduk setempat.

    Di desa Wae Rebo terdapat rumah yang sangat ikonik, berbentuk kerucut dan menjulang tinggi. Ini adalah rumah khas desa setempat. Rumah tersebut ditempati oleh beberapa keluarga dan merupakan warisan para leluhur mereka; telah bertahan kurang lebih selama 19 generasi.

    Desa Wae Rebo sendiri sudah populer di Indonesia maupun di manca negara. Tempat ini memang sudah menjadi destinasi wisata para pelancong lokal dan internasional. Selain menyuguhkan perkampungan adat yang unik, desa tersebut juga menawarkan pemandangan yang luar biasa. Desa ini berada di antara pegunungan sehingga ke mana pun mata memandang akan jatuh kepada pemandangan yang sangat cantik.

  2. 2 Desa Baduy


    Desa Baduy berada di provinsi Banten, Jawa Barat. Datang ke desa ini, kamu akan berbaur dengan orang-orang yang masih memegang adat nenek moyang dengan sangat kuat. Suasana di desa ini sangat damai. Perkampungan Baduy sangat terjaga kebersihannya. Habitat alam juga demikian.

    Kampung Baduy sendiri dihuni oleh suku baduy atau Urung Kanekes. Sementara itu ada istilah suku baduy dalam dan baduy luar.

    Ketika kamu pertama kali memasuki desa Baduy, kamu akan melihat perkampungan yang asri. Warga lokal membangun rumah dari bambu dan tertata sangat rapi.

    Di sekitar kampung tersebut terdapat beberapa sungai yang sangat bersih. Saat kamu berkunjung ke tempat ini pasti akan melihat sungai dengan kejernihan air yang luar biasa. Itu bisa terjadi karena orang-orang badui yang menjaga ekosistem. Meskipun terdapat beberapa aliran sungai, orang badui hanya memakai satu aliran sungai untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

    Ketika kamu berkunjung ke desa Baduy, jangan lupa untuk menjaga sikap dan mengikuti peraturan di desa tersebut.

  3. 3 Desa Penglipuran


    Desa Penglipuran berada di Pulau Bali. Lebih tepatnya, desa ini berada di kaki gunung Batur. Dari Denpasar, desa ini berjarak sekitar 45 km.

    Yang menarik dari Desa Penglipuran adalah keasrian perkampungan tersebut. Rumah-rumah tertata sangat rapi. Selain itu juga sangat rindang dengan tumbuh-tumbuhan. Juga sangat bersih. Maka desa ini pun dinobatkan sebagai desa paling bersih di pulau Bali.

    Masyarakat adat Bali memang menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Namun di Penglipuran ini lebih menarik lagi. Selain masih mengikuti adat dalam peribadatan, dalam segi arsitektur juga menerapkan ajaran Agama Hindu. Itulah kenapa penataan ruang di Desa Penglipuran sangat indah. Adapun ajaran dalam tata ruang ruang yang dimaksud adalah Tri Mandala.

    Rumah-rumah di desa ini sangat kental dengan arsitek Bali; berjejer sangat rapi dan menyajikan pemandangan yang sangat indah.

  4. 4 Dusun Butuh


    Butuh adalah sebuah dusun di desa Temanggung, kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Dusun ini sangat indah berada di kaki gunung Sumbing. Jika dilihat dari jauh, dusun ini tampak seperti desa ikonik di kaki gunung Everest.

    Rumah-rumah yang ada di dusun Butuh tersusun seperti bertingkat mengikuti kontur tanah layaknya tanah pegunungan. Gunung Sumbing yang megah menjadi latar belakang akan menjadikan perkampungan ini seakan tiada duanya indahnya.

  5. 5 Kampung Jodipan


    Kampung Jodipan berada di tengah kota Malang, Jawa Timur. Kampung ini sangat unik dengan warna yang memukau pada setiap dinding rumah warga. Jembatan yang menghubungkan antara dua perkampungan terbuat dari kaca. 

    Dulu, kampung ini cukup kumuh dan berada di pinggiran sungai Brantas. Lalu disulap menjadi desa wisata dan sekarang mengundang banyak pengunjung.