Fakta Menarik Tentang Hand Sanitizer

Menjadi barang yang diburu ditengah merebaknya virus Covid - 19, ternyata ada beberapa fakta menarik mengenai Hand Sanitizer. 1 min


0

Sebelum merebaknya virus Covid- 19 Hand Sanitizer hanyalah berupa benda penunjang kebersihan yang jarang dimiliki oleh sebagian orang. Masyarakat hanya terbiasa membersihkan tangan ketika akan dan setelah makan dengan air mengalir. 

Klook.com

Namun, semenjak mengetahui persebaran virus Covid – 19 yaitu melalui droplet, masyakarat luas berbondong – bondong memborong hand sanitizer guna menangulangi penyebaran virusnya. Nah, sebelum memburu benda kecil ini, yuk kita simak beberapa fakta pentingnya.

  1. 1 Sudah Lama Ditemukan


    Usut punya usut ternyata Hand Sanitizer pertama kali ditemukan di tahun 1966 oleh sorang siswa keperawatan asal California. Bernama Lupe Fernandez , ia menemukan bahwa alkohol mampu membunuh kuman dan bakteri ketika diolah menjadi bentuk gel. Berkat penyempurnaan selama berkali - kali , Hand Sanitizer resmi di komersilakan ke publik pada tahun 1988.

  2. 2 Kandungan Dalam Hand Sanitizer


    Dalam sebotol Hand Sanitizer terdapat kandungan alkohol diatas 60%, sedangan dalam alkohol tersebut terdapat molekul karbon, oksigen dan hidrogen. Tak sembarangan jenis alkohol yang digunakan adalah yang mengandung propanol dan isopropanol ataupun ethanol yang sering du=igunakan dalam disinfektan.

  3. 3 Cara Kerja Hand Sanitizer


    Ditujukan untuk membunuh bakteri dan virus di telapak tangan , Hand Sanitizer dengan kadar alkohol tinggi diyakini lebih efektif. Pada kisaran 60 - 90 % alkohol ini mampu menghacurkan protein pada bakteri serta kuman. Namun , jika kadar alkohol melebihi 90 % justru tidak akan efektih membunuh bakteri patogen.

  4. 4 Tidak Efektif untuk Semua Bakteri


    Meski sudah mengandung alkohol yang dapat ampuh membunuh bakteri, namun nyatannya tak semua  dapat lenyap dengan mudah. Bakteri Clostridium Difficille yang menyebabkan diare akut serta virus Cryptosporidiosis adalah beberapa virus yang hanya dapat hilang jika mengunakan sabun cuci tangan.

  5. 5 Tidak Asal Beli


    Ditengah langkannya produk Hand Sanitizer, di pasar online banyak produsen 'dadakan' yang menjual produk pembersih tangan. Meski merasa sangat membutuhkan sebaikknya sebagai konsumen kita lebih jeli dalma membeli barang tersebut. Sebaikknya membeli produk yang memiliki ijin pembuatan, terdapat label komposisi bahan yang terjamin. Dan yang lebih penting ditawarkan dalam jumlah dan harga yang sewajarnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality