Faktor Yang Memperlambat Diri Mendapatkan Pekerjaan. Apakah Kamu Sudah Tahu?

86

Melamar pekerjaan yang termasuk impian memang sangat menyenangkan semua orang. Bahkan tidak sedikit juga rela antre berjam-jam hanya untuk menunggu giliran interview demi menggapai sebuah pekerjaan idaman.

Sekalipun sudah mempersiapkan semua berkas dengan sempurna dan sudah melakukan interview dengan baik. Hal tersebut belum bisa menjamin untuk diterima pada sebuah pekerjaan. Sekalipun pekerjaan tersebut sangat di idamkan dalam waktu yang lama.

Kegagalan mendapatkan sebuah pekerjaan bukan hanya disebabkan hal besar saja. Ada kalanya kegagalan tersebut berasal dari hal kecil. Namun sekalipun terlihat kecil, sering kali dilupakan bahkan tidak mau memperbaikinya dengan cepat.

Berikut ini beberapa hal yang dianggap remeh namun bisa menghambat untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Bila tidak diperbaiki dengan cepat maka akan semakin mempersulit ke depannya.

Inilah beberapa hal yang kecil perlu diperbaiki dengan cepat bila ingin mendapatkan pekerjaan impian anda ke depannya. Diantaranya:

1. Kurang aktif

Kurang aktif di sini bukan berarti tidak aktif di media sosial. Namun yang dimaksudkan kurang aktif di sini yakni tidak mau berusaha lebih keras lagi. Misalnya mengalami kegagalan pada proses pertama ketika melamar sebuah pekerjaan.

Mendapatkan penolakan ditempat satu bukan berarti akhir semuanya. Masih banyak tempat lainnya membuka lowongan pekerjaan dan mungkin masuk dalam kriteria yang sedang dicari selama ini. maka dari itulah diperlukan tindakan aktif bila ingin mendapatkan pekerjaan lebih cepat lagi.

Ketika gagal pertama jangan langsung menyerah dan putus asa. Berusaha mencoba kembali dengan mencari lowongan lainnya. Serta berusaha memperbaiki kesalahan sebelumnya.

2. Target yang terlalu tinggi

Memiliki target memang tidak ada salahnya terlebih bila ingin mencari pekerjaan. Tetapi target yang terlalu tinggi tidak baik juga. Ada baiknya memasang target tidak terlalu tinggi misalnya dengan jenis pekerjaan yang sedang dicari.

Sesuaikan pekerjaan dengan kemampuan masing-masing. Jangan mencari pekerjaan diluar batas kemampuan masing-masing. Dengan demikian akan semakin mudah mendapatkan pekerjaan ke depannya.

3. Persiapan kurang sempurna

Memiliki niat mendapatkan pekerjaan dengan cepat kadang kala melupakan sesuatu hal. Misalnya tidak mempersiapkan semua persyaratan dengan sempurna hanya dengan alasan agar tidak dikalahkan orang lainnya.

Apabila anda sedang mencari pekerjaan, jangan sampai takut bersaing dengan orang banyak. Terlebih hal tersebut mempengaruhi persiapan yang diserahkan nantinya. Ada baiknya mempersiapkan semua persyaratan dengan sempurna dahulu.

Misalnya membuat CV lebih menarik lagi. CV yang baik dan persyaratan lebih lengkap lagi bisa menjadi bahan pertimbangan bagi seorang HRD jika ingin merekrut anda di perusahaan mereka saat ini. jadi persiapkanlah semua persyaratan dengan baik barulah melamar pekerjaan yang diinginkan dan sudah dipilih sebelumnya.

4. Terlalu proaktif atau agresif saat interview

Memang tidak bisa di pungkiri lagi bila interview menjadi hal penentu untuk seseorang akan diterima pada sebuah pekerjaan. Bila anda sedang menjalani proses interview, ada baiknya memberikan kesan yang seperlunya. Jangan menjadi agresif misalnya menyampaikan sesuatu terlalu bersemangat.

Memang semangat juga perlu saat interview namun harus sesuai dan tidak memaksakan semua pendapat. Tetapi harus sesuai dengan porsi nya. Dengan demikian anda akan terlihat lebih elegan dan profesional nantinya.

Beberapa hal di atas memang terlihat sederhana. Namun bila tidak diperhatikan dengan benar, bisa saja menjadi penghalang bagi anda untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Memperbaiki beberapa hal di atas akan membuka peluang besar bagi anda untuk diterima pada sebuah pekerjaan kedepannya.

[zombify_post]

Previous articleManfaat Kunyit dan Temulawak untuk Kulit
Next article5 Fakta Sosok Pocong di Kedungwaru Kidul yang Viral