Gak Usah Galau! Kini Badan Gemuk pun Bisa Tampil Trendi

Memiliki tubuh gemuk memang membuat seseorang kerap merasa kesulitan. Sulit bergerak bebas karena bobot tubuh berlebih. Sulit mencari pakaian yang muat saat hendak membeli. Sulit juga untuk bisa menutupi lipatan lemak saat ingin mengenakan pakaian pas agar terlihat kurus. Jika memang kamu ingin berusaha mendapatkan ukuran tubuh ideal pun tentunya hal itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, kamu harus punya cara sendiri untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Tips Berpakaian untuk Tubuh Gemuk

Seringkali kamu memaksakan untuk mengenakan sebuah pakaian tanpa mempertimbangkan kenyamanan dan kecocokannya dulu dengan bentuk tubuh. Akibatnya, ruang gerakmu jadi terbatas dengan pakaian ketat yang bisa sobek kapanpun atau justru malah jadi bahan olok-olok orang lain. Duh, membayangkannya saja sudah mengerikan!

Agar hal-hal yang tidak diinginkan itu tidak terjadi padamu, maka kamu juga harus pintar-pintar menyiasatinya dengan mengenali bentuk tubuhmu sendiri. Faktanya, gemuk itu memiliki arti yang berbeda-beda pada diri setiap orang. Ada gemuk perut, gemuk paha, dan ada juga gemuk lengan di mana bobot tubuh berlebih karena lemak yang menumpuk terletak pada titik-titik tersebut.

Jika kamu memiliki ukuran dada yang cukup besar sehingga tidak ingin mengeksposnya, maka kamu bisa menggunakan outer seperti kardigan, blazer, atau jaket jeans. Lalu dress atau rok berlipat (pleated) juga sangat direkomendasikan karena lipatannya bisa menutupi perut dan juga pinggul sehingga tubuhmu pun bisa lebih terlihat kecil. Selain itu, jenis pakaian yang akan membuat badanmu terlihat lebih ramping yaitu baju dengan model v neck serta apapun jenisnya dengan warna-warna gelap.

Mungkin kamu sudah tahu bahwa dengan mengenakan baju-baju berwarna gelap, tubuh seseorang akan terlihat lebih kurus. Hal ini dikarenakan cahaya tidak memantulkan bayangan yang membuat tubuh tampak lebih besar lagi. Tapi bukan berarti hal tersebut lantas membuat kamu hanya memiliki baju-baju gelap di lemari yang terlihat suram. Sesekali kamu juga bisa menggunakan warna yang lebih terang. Tapi kamu juga tetap harus memilah modelnya ya. Misalnya kamu ingin baju yang berwarna dan bermotif, maka pastikan motif tersebut berbentuk kecil-kecil dan sederhana. Motif besar cenderung akan membuat bentuk tubuh yang gemuk terlihat lebih mencolok. Kamu juga harus pastikan bahwa bau itu longgar, namun tidak ketat juga, sehingga kamu bisa nyaman dan bebas bergerak.

Tak hanya pakaian, kamu juga perlu memerhatikan barang-barang lainnya seperti tidak menggunakan tas yang terlalu besar, alas kaki berhak tinggi agar kaki menjadi terlihat jenjang, hingga rambut yang sebaiknya dibiarkan panjang bervolume dibandingkan dipotong pendek.

Orang Bertubuh Gemuk Perlu Hindari Ini

Setelah membahas pakaian yang direkomendasikan maka sekarang kita bahas pantangannya yuk! Pertama yaitu skinny jeans yang hanya akan membuat lemakmu terlihat belipat-lipat. Iya sih biar pas di badan, tapi gak gitu juga ya.

Selain aturan motif kecil dan simple, ada juga aturan saat kamu hendak mengenakan baju berpola garis-garis. Usahakan untuk mengenakan garis vertikal (ke bawah) dibandingkan horizontal (ke samping). Banyak orang percaya bahwa garis ke samping hanya akan membuat tampilan tubuh yang lebih besar. Begitupun jika kamu merupakan wanita berhijab yang tidak disarankan menggunakan hijab model bergo dengan panjang yang pendek. Selain tidak menutupi dada, benda ini juga tidak bisa menyembunyikan pipi tembemmu.

Itulah tips berpakaian bagi orang yang bertubuh gemuk. Sekarang, jangan jadikan bentuk tubuhmu sebagai halangan lagi ya! Selama ada keyakinan, rasa percaya diri, dan usaha, maka kamu pasti bisa tetap tampil cantik dan menarik.