Gampang lupa?? Berikut 5 cara meningkatkan daya ingat!

Ayo cegah kepikunan dini sebelum tua!! 1 min


0

Namanya manusia sering lupa itu wajar. Tapi kalau keseringan bisa gawat juga loh guys! Untuk itu simak poin-poin berikut ini!

  1. 1 Belajar untuk terstruktur dan terorganisir


    Para peneliti telah menemukan bahwa informasi disusun dalam memori dalam kelompok terkait. Kamu dapat memanfaatkan ini dengan menyusun dan mengatur materi yang kamu pelajari. Cobalah mengelompokkan konsep dan istilah yang sama secara bersamaan, atau buat garis besar catatan dan bacaan buku teks kamu untuk membantu konsep terkait kelompok.

  2. 2 Beri perhatian extra ke hal-hal yang rumit untuk diingat


    Pernahkah kamu memperhatikan bagaimana kadang-kadang lebih mudah untuk mengingat informasi di awal atau akhir bab? Para peneliti telah menemukan bahwa urutan informasi dapat memainkan peran dalam penarikan, yang dikenal sebagai efek posisi serial.

    Walaupun mengingat informasi menengah bisa jadi sulit, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menghabiskan waktu ekstra untuk melatih informasi ini. Strategi lain adalah mencoba merestrukturisasi apa yang telah kamu pelajari sehingga akan lebih mudah diingat. Ketika kamu menemukan konsep yang sangat sulit, berikan waktu ekstra untuk menghafal informasi tersebut.

  3. 3 Biasakan untuk sambil mengucapkan secara keras-keras


    Penelitian menunjukkan bahwa membaca materi dengan keras secara signifikan meningkatkan daya ingat kamu terhadap materi tersebut. Pendidik dan psikolog juga menemukan bahwa memiliki siswa yang benar-benar mengajarkan konsep-konsep baru kepada orang lain meningkatkan pemahaman dan daya ingat.

  4. 4 Fokus dan perhatian penuh


    Perhatian adalah salah satu komponen utama memori. Agar informasi dapat berpindah dari memori jangka pendek kamu ke memori jangka panjang, kamu harus secara aktif memperhatikan informasi ini. Cobalah belajar di tempat yang bebas gangguan seperti televisi, musik, dan hiburan lainnya.

    Menyingkirkan gangguan mungkin menjadi tantangan, terutama jika kamu dikelilingi oleh teman sekamar yang riuh atau anak-anak yang berisik. Sisihkan waktu singkat untuk menyendiri. Mintalah teman sekamarmu untuk memberi kamu ruang atau minta pasangan kamu untuk membawa anak-anak selama satu jam agar kamu dapat fokus pada pekerjaanmu.

  5. 5 Cukup tidur


    Para peneliti telah lama mengetahui bahwa tidur penting untuk daya ingat dan pembelajaran. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang setelah kamu mempelajari sesuatu yang baru sebenarnya dapat membantu kamu belajar lebih cepat dan mengingat lebih baik. Jadi, lain kali kamu kesulitan mempelajari informasi baru, pertimbangkan untuk tidur nyenyak setelah kamu belajar.

Baca Juga:  Ayo semangat! 4 tips ini bantu lawann rasa malas bangun pagi di hari minggu

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality