Hai Mahasiswa! Lakukanlah 5 Hal Ini Agar Tidak Menyesal Nantinya

Semua orang pasti setuju bahwa pendidikan adalah salah satu jalan yang akan mengantarkan kepada sebuah kesuksesan. Namun, dalam mengenyam pendidikan, terkadang perlu melatih soft skill atau hal yang lain yang tidak diajarkan dalam proses pembelajaran secara formal. Hal tersebut haruslah dilakukan agar keberlangsungan hidup di masa tua nanti terjamin.

Jika saat ini kamu adalah seorang mahasiswa yang sedang duduk di bangku perkuliahaan, cobalah untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat berikut ini:

Mulai Berinvestasi Reksadana

Akhir-akhir ini banyak sekali millennials yang mulai berbondong-bondong untuk belajar investasi. Dari sekian banyak investasi, ada satu jenis investasi yang sangat cocok bagi pemula karena tidak terlalu ribet, yaitu reksa dana. Reksa dana merupakan sebuah produk investasi yang terdiri dari tiga produk yaitu pasar uang, obligasi, dan saham.

Kamu tidak perlu repot-repot memainkan saldomu yang ada di rekening reksa dana, karena sudah dikelola oleh manajer investasi. Lagi pula, investasi reksa dana ini akan bersifat menguntungkan apabila dimulai sejak jauh-jauh hari. Selagi masih kuliah, cobalah untuk menyisihkan uang jajan mu untuk berinvestasi di reksa dana.

Ikut berbagai macam organisasi

Pada masa kuliah memang identic dengan organisasi dan kepanitiaan yang beragam. Akan ada banyak hal yang menarik yang akan didapatkan jika kamu tidak mager untuk mengikuti kepanitiaan ataupun berorganisasi. Salah satunya adalah kamu akan mendapatkan banyak pengalaman serta teman dari berbagai macam latar belakang.

Tentu saja, hal tersebut akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kehidupan mu saat selesai kuliah hingga di masa tua nanti. Misalnya saja soft skill yang di dapatkan ketika berorganisasi akan membuat mu lebih memiliki jiwa kepemimpinan dan terorganisir sehingga akan bermanfaat ketika kamu bekerja nanti. Selain itu, dengan berorganisasi kamu dapat belajar untuk membangun relasi yang nantinya akan berguna ketika kamu lulus kuliah nanti.

Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk mengikuti organisasi ataupun kepanitiaan. Meskipun hal itu akan sangat melelahkan, namun cobalah untuk berkorban demi masa depanmu kelak.

Menjalani Hobi hingga naik tingkat

Setiap orang memiliki sebuah kegiatan kegemaran atau hobi yang biasanya dilakukan hanya untuk menghibur diri. Namun, hal tersebut akan seribu kali lebih bermanfaat jika kamu dapat menekuninya hingga menjadi mesin penghasil uang. Selain itu, hal tersebut akan membukan jalanmu untuk dapat sukses dengan cara lain. Maka dari itu selagi masih menginjak masa usia produktif, jangan lupa untuk menyempatkan sedikit waktu untuk menjalani hobi meskipun hanya untuk melepas penat.

Bekerja paruh waktu

Akan sangat merugi apabila kamu tidak mencoba bekerja paruh waktu sewaktu masa kuliah. Selain untuk mendapatkan uang jajan tambahan, kamu juga akan menadaptkan berbagai macam pengalaman dan akan memudahkanmu masuk dalam dunia kerja. Kamu pasti akan memperoleh berbagai macam soft skill yang dapat membantumu untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginanmu. Salah satu buktinya adalah pada realitas saat ini banyak perusahaan yang mengingkan calon karyawannya yang sudah memiliki pengalaman bekerja.

Mulai berwirausaha

Setiap orang tentu saja tidak akan penah tahu bagaimana cara mereka untuk meraih kesuksesan. Kamu tidak akan meraih sebuah kesuksesan jika hanya menyelami dunia pendidikan secara mentah-mentah. Terkadang kamu perlu mencari peruntungan yang lain untuk membuka jalan sukses yang berbeda. Semakin sering kamu mencoba, maka akan semakin besar pula kesempatan mu untuk dapat hidup bahagia sesuai yang kamu harapkan. Cobalah untuk terjun ke dunia bisnis karena banyak orang yang memiliki cukup materi melimpah dari hal tersebut. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah merintis bisnis kecil-kecilan atau sesuai isi kantongmu saat ini terlebih dahulu.

Janganlah sia-siakan masa mudamu, apalagi ketika duduk di bangku kuliah. Bukalah matamu selebar-lebarnya karena ada banyak hal yang menarik yang dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kehdiuapan mu di masa tua nanti.