Haid Saat Ramadhan? 5 Amalan Ini bisa bikin kamu tetap dapat pahala puasa lho!

Baca deh, kamu bakalan tetap dapat pahala puasa walaupun sedang haid! 1 min


0

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat islam. Bagaimana tidak? Bulan suci Ramadhan adalah bulan diturunkannya al Qur’an, bulan penuh berkah yang dimana dilipat gandakannya pahala. Banyak orang berlomba-lomba mengumpulka pahala untuk tabungan akhirat dengan melakukan berbagai macam amalan termasuk puasa, lalu bagaimana dengan wanita yang sedang haid? Apakah wanita yang sedang haid juga bisa memperoleh pahala di bulan suci Ramadhan ini? Yuk simak!

  1. 1 Membangunkan orang sahur


    Sahur merupakan sunnah puasa yang dilakukan saat dua pertiga malam, karena Allah menyukai orang-orang yang bangun malam untuk sahur. Selain  mendapatkan pahala, Allah juga memberikan berkah bagi orang-orang yang bangun untuk sahur. Maka insyaAllah sama pula berkah dan pahalanya bagi orang yang membangunkan, sebagaimana amalan dzikir saat bulan Ramadhan.

  2. 2 Menyiapkan/memberi makanan untuk sahur dan berbuka puasa


    Ada suatu riwayat yang menyebutkan bahwa menyiapkan makanan atau memberi makan kepada orang yang berpuasa mendapatkan pahala yang sama besar dengan pahala orang yang berpuasa:

    «مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِمْ، مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا»

    “Nabi Muhammad Saw. bersabda, ‘Barang siapa memberi makan orang puasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang sedang berpuasa itu sedikitpun.'” (HR. Tirmizi) Ulama mengatakan hadis tersebut sebagai hadis hasan shahih.

    Tunggu apalagi? Yuk kita berlomba-lomba memperbanyak tabungan akhirat di bulan suci Ramadhan ini.

  3. 3 Mendengarkan murotal


    Di bulan suci Ramadhan ini adalah bulan dimana dilipat gandakannya pahala. Apa pun kegiatan yang kita lakukan selagi hal itu positif maka akan bernilai pahala di mata Allah, termasuk tidur. Kalau tidur di bulan Ramadhan saja bisa mendapatkan pahala, apalagi mendengarkan ayat suci al Qur'an (murotal)? Walaupun gak bisa membaca al Qur'an karena haid, yuk dengerin murotal aja!

  4. 4 Memperbanyak dzikir dan sholawat


    Pahala membaca al Qur'an di bulan suci Ramadhan lebih besar dari bulan-bulan lainnya. Jika di bula-bulan lainnya mendapat 10 kebaikan dalam setiap hurufnya, tapi di bula yang sangat spesial ini kita bisa mendapat 700 kali lipatnya. Wah, gak heran ya kalau banyak sekali orang yang berlomba-lomba menghatamkan al Qur'an di bulan Ramadhan.

    Nah buat kalian yang sedang haid/menstruasi, bisa juga lho mendapatkan pahala yang setara walaupun sedang berhalangan membaca al Qur'an. Kalian bisa menggantinya dengan terus berdzikir dan bersholawat, insyaAllah dengan niatan yang ikhlas dan mengharap pahala dari Allah, maka nilainya akan sama dengan yang membaca al Qur'an.

  5. 5 Mendengarkan ceramah online


    Dalam keadaan karantina pandemi atau pun tidak, yang namanya sedang memasuki masa haid wanita memang tidak bisa pergi ke masjid untuk menunaikan ibadah sholat tarawih. Pada saat sholat tarawih, biasanya sering diselipkan ceramah saat sebelum atau pun sesudah sholat tarawih. Nah, buat kamu wanita sholihah yang sedang haid, bisa juga lho medapatkan pahala dari mendengarkan kajian ilmu melalui media YouTube, Spotify, atau yang lainnya. 

    Jaman sudah semakin canggih, mengumpulkan pahala pun juga jadi semakin mudah bukan?

  6. 6 Meringankan pekerjaan orang yang berpuasa


    Membantu meringankan pekerjaan orang yang sedang berpuasa juga mendapat pahala loh, apalagi saat ini adalah bulan suci Ramadhan yang dimana dilipat gandakannya pahala. Kamu bisa membantu pekerjaan rumah ibumu seperti meyapu, mengepel, mencuci dan menggosok pakaian, serta memasak, atau pekerjaan apa pun itu yang membuat orang lain mejadi lebih mudah.

    Jadi sudah tahu kan amalan-amalan yang dapat meningkatkan pahala kamu di bulan suci Ramadhan walaupun dalam keadaan haid? Karena meraih pahala di bulan suci ini tidak hanya tentang perihal puasa, namun juga bisa dilihat dari banyak hal. Jangan lupa sebarkan artikel ini ya untuk memperbanyak tabungan akhirat kamu, karena ada hadits yang menyebutkan bahwa "Barang siapa menunjukkan suatu kebaikan, maka baginya pahala semisal orang yang mengikuti kebaikan tersebut." (HR. Muslim)

    Walaupun #dirumahaja tetap semangat ya puasanya! 🙂


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality