Haji 2020 Ditiadakan, Inilah Fakta yang Perlu Anda Tahu

44

Warga negara Indonesia dipastikan tak bisa berangkat haji pada tahun 2020 ini. Kementerian Agama sebagai pengelola haji di Indonesia telah menetapkan bahwa keberangkatan haji dibatalkan. Keputusan tersebut diambil karena kondisi yang belum kondusif akibat pandemi virus Corona (Covid-19).

Menteri Agama, Fachrul Razi, menyampaikan pengumuman bahwa keberangkatan haji dari Indonesia dibatalkan untuk tahun 2020 ini pada hari Selasa (02/6/2020). Artinya, total calon jamaah haji sebanyak 221.000 untuk tahun ini batal berangkat. Meskipun berat, pengumuman ini harus disampaikan setelah Kemenag berkomunikasi dengan MUI dan Komisi VIII.

Jika dipaksakan berangkat, keselamatan calon jamaah haji bisa menjadi taruhan. Pasalnya, jumlah kasus penularan virus Corona di Indonesia sendiri masih tinggi. Sementara penularan virus di Arab Saudi juga tak kalah mengerikan. Menurut laporan terbaru, kasus positif Corona di Arab Saudi mencapai angka di atas 87 ribu dan tak kurang dari 500 orang meninggal dunia.

Bukan hanya haji, ibadah umrah juga masih belum diperkenankan. Meskipun di Arab Saudi sudah sedikit melonggarkan karantina wilayah, namun kedatangan jamaah umrah dan haji masih belum mendapatkan izin.

Penangguhan keberangkatan haji dan umrah akan dievaluasi secara bertahap. Kita semua tentu berharap agar kondisi lekas membaik dan calon jamaah yang ingin berkunjung ke kota suci segera terlaksana.

Berikut ini kami akan menyajikan fakta terkait pembatalan ibadah haji pada tahun 2020:

[zombify_post]

Previous articleTips Cara Mudah Belajar Agar Skor TOEFL Kamu Melejit tanpa Kursus
Next articleInilah Kebiasaan Orang-Orang Sukses sebelum Tidur yang Perlu Kamu Tiru