Hal yang Harus Dilakukan dan Dihindari Saat Timbul Jerawat

98

Umumnya, setiap orang pasti memiliki pengalaman dengan masalah jerawat pada wajah. Hal ini memang wajar terjadi, terutama di usia remaja yang masih mengalami masa pubertas. Kulit wajah cenderung memproduksi minyak berlebih yang bisa disebabkan oleh hormon maupun aktivitas sehari-hari sehingga menyebabkan kotoran menyerap ke dalam pori-pori. Disamping membuat dirimu tidak nyaman, masalah kulit yang satu ini tentunya membuat rasa percaya diri berkurang. Apalagi jika kamu melakukan hal yang salah dalam menanganinya, alih-alih wajahmu kembali bersih, jerawat justru semakin banyak ditambah dengan noda-noda hitam akibat jerawat yang kamu garuk dengan paksa.

Hal yang akan dibahas terlebih dahulu yaitu tindakan yang harus kamu hindari saat kulit berjerawat, di antaranya yaitu:

1. Menyentuh

Jika kamu adalah orang yang mudah geregetan dengan adanya jerawat sehingga sering menyetuh atau bahkan memencetnya, maka kamu harus segera menghentikan kebiasaan itu. Harus kamu ketahui bahwa tangan adalah organ tubuh yang paling sering kita gunakan dalam melakukan kegiatan sehari-hari sehingga tidak menutup kemungkinan banyaknya ‘kotoran’ yang dibawa. Dan dengan menyentuh wajah terutama jerawat, apalagi jika kamu sampai berusaha untuk memencet jerawat yang sudah terlihat matang adalah tindakan yang berbahaya! Selain memperlama proses pemulihan kulit, tindakan ini juga justru akan memicu tumbuhnya jerawat baru hingga infeksi akibat bakteri.

2. Kontak dengan Benda Bertekstur Kasar

Selain dengan tangan, jerawat tidak boleh bergesekan dengan benda-benda kasar lainnya. Oleh karena itu bagi kamu yang terbiasa mengeringkan wajah setiap cuci muka dengan handuk, lebih baik kamu menggantinya terlebih dahulu dengan tisu. Penggunaan scrub atau makeup berlebih juga sebaiknya dihentikan dulu ya!

3. Menutupi

Apa kamu termasuk orang yang saat berjerawat selalu berusaha menutupinya dengan masker, topi, poni, atau bahkan plester? Jika iya, maka jangan diulangi ya! Selain memungkinkan adanya gesekan pada jerawat, menutupinya juga hanya akan menyebabkan panas serta menjebak minyak dan kotoran di dalam pori-pori yang memicu kemunculan yang semakin banyak.

Selain menghindari, saat menangani jerawat kamu juga perlu melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Rajin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah dengan air sudah merupakan hal yang pasti dan harus dilakukan terutama jika tidak ingin wajah berjerawat. Akan tetapi perlu diingat bahwa upaya membersihkan wajah ini tidak hanya pada bagian luar saja, tapi harus dari dalam juga. Maksudnya, kamu harus menjaga pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang karena kenyataannya tidak sedikit segala hal yang kita konsumsi akan berpengaruh pada kondisi organ tubuh kita, tak terkecuali kulit. Kamu juga perlu memastikan bahwa makeup yang kamu gunakan memang cocok untuk jenis kulitmu.

2. Memakai Masker

Selain melembabkan, masker juga bisa membantumu dalam mencegah atau menghilangkan jerawat dan bekasnya. Meski tidak instan, setidaknya jika dilakukan secara rutin dalam rentang waktu tertentu, maka khasilnya pun akan terlihat. Cantik juga perlu usaha ya!

Jika jerawat sudah berkurang dan tinggal menyisakan bekas, kamu bisa mulai menggunakan masker dengan tujuan demikian atau juga melakukan exfoliating. Tindakan ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit. Intinya, untuk mencegah pori-pori kulit wajahmu tersumbat. Sama halnya seperti masker, jenis pengangkat sel-sel kulit mati ini juga terdapat beberapa jenis, mulai dari scrub, peeling, hingga lotion. Itulah hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari saat timbul masalah jerawat. Jadi jangan salah lagi ya!

[zombify_post]

Previous articleKondisi Industri Hiburan Dunia Selama Masa Pandemi Saat Ini ​
Next articleAcara Penghargaan Paling Bergengsi di Dunia