Hal Yang Harus Diperbaiki Bila Ingin Menjadi Penulis

64

Menjalani profesi sebagai seorang penulis memang bisa dikatakan pekerjaan yang melibatkan otak secara menyeluruh, tanpa adanya pemikiran yang luas maka akan sulit mendapatkan ide pada saat menulis.

Hingga kini memang tidak bisa di pungkiri, sekalipun seseorang sudah menjalani kegiatan menulis sudah cukup lama, kadang kala pasti akan mendapati sebuah kesulitan. Kesulitan yang didapatkan bukan hanya berasal yang besar saja, melainkan sering kali dari hal kecil namun tidak mau membuat perubahan akan hal tersebut.

Bila anda ingin menjadi penulis, ada baiknya memperbaiki hal kecil terlebih dahulu yang mana bisa menjadi kendala saat menjalankan aktivitas menulis setiap harinya. Berikut ini beberapa hal yang sering dialami seorang penulis dan selalu menjadi kendala. Diantarnya:

1. Kekurangan ide atau Stuck

Dilihat secara sekilas, menulis memang terlihat mudah yang mana hanya mengetik saja, namun sebenarnya bukan hanya itu yang diperhatikan bagi seorang penulis. Ada kalanya apa yang sudah ada dalam pikiran sulit untuk dituangkan dalam tulisan yang mana menghasilkan karya yang enak dibaca nantinya.

Merangkai ide menjadi sebuah paragraf tidaklah mudah terlebih harus disesuaikan dengan audience yang akan membacanya nanti, baik itu yang berasal di media online maupun media cetak.

Bila memang sering merasa kekurangan ide pada saat menulis, ada baiknya berhenti sejenak atau mencari tempat baru dengan suasana baru agar ide bisa berjalan dengan baik dan bisa dituliskan dalam sebuah paragraf.

2. Hasil tulisan membosankan

Selain kehabisan ide pada saat menulis, banyak juga penulis membuat paragraf yang membosankan dan membuat pembaca malas membaca informasi yang sudah diberikan sebelumnya melalui sebuah tulisan.

Penulis yang baik jelas mampu memberikan informasi yang informatif dengan gaya penulisan yang terus diperbaharui agar pembaca tidak merasa bosan pada saat membaca paragraf yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Karakter penulisan mengikuti orang lain

Menjadi penulis yang andal bukan hanya mampu membuat tulisan dengan paragraf yang panjang saja, melainkan harus mampu menumbuh karakter dalam sebuah tulisan yang sudah dibuat sebelumnya.

Dengan demikian maka penulis tersebut akan mudah dikenali pembacanya sekalipun tanpa melihat dari author penulis paragraf tersebut. Bahkan tidak menutup kemungkinan orang akan selalu mencari karya lainnya yang sudah ditulis karena adanya karakter berbeda dari setiap karya yang dihasilkan.

4. Kurang konsisten

Tantangan terberat bagi seorang penulis memang berkaitan dengan konsisten. Ada kalanya memang pada saat menulis akan merasa bosan. Rasa bosan ini yang terkadang membuat penulis lama tidak membuat sebuah karya tulisan terbaru setiap harinya.

Maka dari itulah seorang penulis harus mampu membuang rasa inkonsisten yang sering timbul setiap harinya. Memang sulit meninggalkan hal tersebut namun bila ada niat jelas tidak menutup kemungkinan tidak akan menjumpai inkonsisten lagi ke depannya.

5. Media menulis yang membosankan

Pada awalnya orang hanya menulis lewat buku saja atau dengan teknik tradisional dengan menulis manual menggunakan pulpen. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, menulis bisa dilakukan pada media online juga bahkan dengan jenis yang berbeda-beda.

Demi menghindari kebosanan akan media yang kurang berkembang, ada baiknya memilih media baru dan sedang trend untuk menuangkan ide yang dimiliki sebelumnya, dengan demikian jelas tidak akan merasa bosan lagi nantinya pada saat menulis atau menuangkan ide.

Terlihat sederhana namun beberapa hal di atas memang harus diatasi secepatnya agar bisa menjadi seorang penulis yang berkualitas dan bisa mendatangkan pembaca baru setiap harinya. Semakin baik tulisan yang dibuat maka semakin banyak pembaca yang mencari ide dan tulisan anda ke depannya.

[zombify_post]

Previous articleGaji Besar Akan Didapatkan Bila Memiliki Hal Ini
Next articleInilah Cara Terbaik Merawat Rambut Agar Tetap Sehat