Hanya Jualan Ikon Iphone, Orang Ini Raup Rp 2 M Dalam Seminggu

Seorang desainer grafis baru-baru ini mengaku bisa mengantongi lebih dari USD 140 ribu atau sekitar Rp 2 miliar lebih hanya dalam tempo waktu seminggu. Semuanya berawal dari ikon custom iPhone yang ia pamerkan di sosial media Twitter.

Desainer yang banyak dikenal dengan nama Traf ini pada awalnya melihat tren pengguna iPhone yang senang memamerkan homescreen ponsel mereka yang telah dikustomisasi menggunakan ikon dan widget.

Sejatinya, kustomisasi seperti itu bagi para pengguna Android sudah sangat biasa, tapi untuk pengguna iPhone, mereka baru merasakan fitur ini setelah Apple meluncurkan iOS 14 pada bulan September lalu.

Alhasil, tren ini pun langsung menginspirasi Traf untuk mengunggah sebuah screenshot desain homescreen di ponselnya yang sudah menggunakan ikon dan widget monokrom yang minimalis.

Tak membutuhkan waktu lama, begitu diunggah di Twitter, banyak orang yang langsung tertarik dengan desain sang desainer yang terlihat begitu minimalis dan bersih.

“Setelah itu, orang-orang mulai bertanya tentang ikon di screenshot. Jadi saya dengan cepat coba mendesainnya lagi,” ucap Traf dalam blognya seperti dikutip dari BBC News.

Setelah mendesain begitu banyak ikon Iphone, Traf langsung menjual set ikon-nya melalui situs resminya. Karena tidak ada standar yang mengatur soal harga ikon untuk iPhone, Traf pun memutuskan untuk menjualnya dengan harga USD 28 atau sekitar Rp 416 ribu.

Sebelumnya, banyak yang keberatan karena merasa harganya kelewat mahal, tapi ada juga juga yang langsung membelinya tanpa berpikir panjang.

“Saya tahu saat saya bangun tidur sehari setelah mengunggah ikonku untuk dijual bahwa ikon-ikon buatanku itu akan laris, dan saya bisa menghasilkan banyak uang meski di saat masih tidur,” ungkap Traf.

Dan terbukti, hanya beberapa hari setelah menjual ikon Iphone-nya tersebut, Traf sudah berhasil meraup uang sebanyak USD 6.000. Pundi-pundi uangnya semakin bertambah banyak setelah YouTuber Marquees Brownlee alias MKBHD memamerkan ikon buatan Traf di salah satu videonya.

Total hingga saat ini, Traf mengaku kini sudah mendapatkan lebih dari USD 140.000 setelah menjual ikonnya kepada lebih dari 5.000 orang. Ia mengatakan ini adalah hasil yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Dan kepada semua orang-orang yang bermaksud ingin meniru kesuksesannya, Traf memiliki saran agar mereka tidak hanya mengikuti tren yang sudah ada.

Karena sebelum sukses seperti sekarang, pria asal San Francisco, Amerika Serikat itu harus menghabiskan tujuh tahun lamanya guna merancang model ikon-ikon untuk iPhone yang telah di-jailbreak.

“Jika saya melakukan ini secara khusus untuk mendapatkan uang, saya yakin ini tidak akan berhasil seperti ini,” kata Traf.

“Tetap lakukan apa yang kalian senangi, bagikan itu dengan dunia, dan biarkan internet melakukan sisanya,” pungkasnya.