Harga Terus Menggila Hingga Puluhan Juta, Berikut Cara Membudidayakan Monstera

492

Keberadaan daun monstera ini tengah naik daun lantaran banyak dipakai sebagai tanaman indoor untuk mempercantik ruangan. Dengan ciri fisik berdaun lebar dan berlubang, daun yang punya nama ilmiah Monstera Deliciosa ini memang sangat pas untuk dijadikan pajangan karena terlihat apik dan kekinian.

Beberapa bahkan menggunakan daun Monstera sebagai properti foto yang menunjang estetika sebuah tampilan secara visual. Dan karena banyak dicari, harganya pun mulai terbilang lumayan untuk ukuran sebuah tanaman.

Mulai dari ratusan ribu bahkan ada yang sampai dijual hingga Rp 1,5 juta tergantung kualitas daun yang ada, daun Monstera ini memang cukup menggiurkan untuk dijadikan ladang bisnis baru buat siapa saja.

Nah buat yang tertarik untuk mengembang daun bolong ini, berikut cara menanamnya.

Untuk cara yang pertama, media tanam daun Monstera ini tidak jauh berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya, yakni berupa tanah subuh yang terbuat dari campuran pasir dan kompos. Untuk takarannya bisa diatur satu banding satu dan dimasukkan ke dalam pot.

Agar campuran tanah dan pasir tidak terhambur, bisa ditambahkan satu sendok makan kapur dan satu lapis pecahan batuan merah di dasar pot.

Budidaya lainnya yang bisa dipilih adalah dengan cara stek batang untuk mendapat tanaman baru. Artinya, daun Monstera ini bisa diperbanyak dengan cara stek batang. Jangan lupa, perhatikan nutrisi tanaman agar bisa memperkuat akar sehingga bisa menyangga tanaman dengan baik.

Hal yang perlu diketahui dari daun Monstera ini adalah dia termasuk tumbuhan yang sangat mudah dikembangkan. Asal kamu semua memperhatikan suhunya, yakni di kisaran 30 derajat celcius pada malam hari dan 15 derajat pada malam hari.

Pencahayaan matahari dan penyiraman dengan jumlah air yang seimbang juga diperlukan agar tidak menggenang di dasar dan bisa mengakibatkan batang membusuk.

Berikutnya, kamu juga perlu mengganti pot secara berkala, terutama saat akar tanaman sudah melingkari bagian dalam wadah tersebut. Usahakan agar pot pengganti lebih besar dari sebelumnya agar pertumbuhan akar bisa bergerak dengan maksimal. Terpenting adalah kualitas tanah dengan campuran kompos dan pasir juga musti diperhatikan.

Setelah semua tips diatas sudah berhasil kamu lakukan dan Monstera sudah bertumbuh dengan baik, maka Monstera pun siap diperjual belikan untuk mempercantik ruangan pribadi.

Berdasarkan data e-commerce di tanah air, rata-rata daun Monstera ini dijual di angka Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribuan. Namun ada juga yang menjual daun bolong ini mencapai angka jutaan bahkan puluhan juta karena kualitas atau formasi lubang pada daun yang dihasilkan sangat baik dan tidak biasa, termasuk karena warna daunnya yang langka.

Nah selain Monsteran deliciosa, jenis daun lainnya yang juga sedang ramai dicari di pasaran adalah jenis Monstera Obliqua, Monstera Adansonii, Monstera Acuminata, dan Monstera Punctulata. So, bagaimana tertarik membudidayakan tanaman ini?

[zombify_post]

Previous articleDusun Butuh dan Desa-Desa Lain di Indonesia yang Mempesona, Wajib Kamu Kunjungi
Next articleBanyak Pria Alami Kebotakan Dini Di Usia 30 Tahun, Mungkin Ini Penyebabnya