Hati-hati! Biji Apel Ternyata Berbahaya Jika Termakan dalam Jumlah Banyak

12
Hati-hati! Biji Apel Ternyata Berbahaya Jika Termakan dalam Jumlah Banyak
Sumber : Canva

Hati-hati! Biji Apel Ternyata Berbahaya Jika Termakan dalam Jumlah Banyak – Apel adalah buah-buahan yang mengandung banyak antioksidan sehingga diyakini bahwa apel dapat melawan stres oksidatif. Tidak hanya itu, apel juga dapat mencegah penyakit mematikan seperti kanker.

Apel termasuk dalam buah-buahan yang paling banyak digemari oleh orang karena memiliki cita rasa yang manis. Buah ini pun sangat mudah ditemui di pasar, toko buah, ataupun pusat perbelanjaan lainnya.

Namun, dibalik itu semua, ternyata biji dari buah apel ini memiliki racun. Meskipun biji apel berukuran sangat kecil, efek yang ditimbulkan jika kamu tidak sengaja menggigit biji apel tersebut dapat menimbulkan bahaya yang serius.

Biji apel mengandung racun yang dapat menyebabkan kematian. Pasalnya, dalam biji apel terdapat kandungan amygdalin. Amygdalin sendiri merupakan zat yang dapat melepaskan sianida saat berhubungan dengan enzim percernaan manusia.

Melansir dari detikfood, amygdalin mengandung sianida dan gula yang jika tertelan oleh tubuh, akan berubah menjadi hidrogen sianida (HCN).

Hati-hati! Biji Apel Ternyata Berbahaya Jika Termakan dalam Jumlah Banyak
Sumber : Canva

Seperti yang kita ketahui bahwa sianida dikenal sebagai zat kimia yang memiliki racun mematikan. Seseorang yang keracunan sianida akan mengalami kematian dalam waktu beberapa menit saja.

Racun sianida ini bekerja dengan cara mengganggu suplai oksigen di dalam tubuh manusia. Tidak hanya itu, sianida dapat merusak jantung dan otak hingga menyebabkan koma dan berujung pada kematian.

Namun tenang saja, toksisitas akut jarang terjadi hanya dengan menelan biji apel secara tidak sengaja. Selain itu, racun biji apel berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga : Jarang Orang Tahu, Ini Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Kulit

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), dibutuhkan sekitar 1 hinga 2 miligram per kilogram berat badan dosis sianida untuk menimbulkan efek yang fatal bagi tubuh manusia. Untuk mencapai dosis yang fatal tersebut, dibutuhkan sekitar 200 biji apel.

Pada umumnya sianida akan bereaksi di dalam tubuh manusia jika termakan sebanyak 0,5 hingga 3,5 miligram, sedangkan untuk 1 gram biji apel sudah mengandung sekitar 0,06 hingga 0,24 miligram sianida.

Ada baiknya kamu sebelum memakan buah apel terlebih dahulu membuang biji apel tersebut agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Previous articleTips Cara Menghilangkan Rasa Benci pada Orang Lain
Next articleWajib Dihindari! Berikut 4 Makanan yang Dapat Memperpendek Umur Seseorang