Hindari Beberapa Hal Ini Bila Anda Seorang Freelance

71

Besarnya kemajuan teknologi saat ini, sama saja membuka peluang yang besar jika ingin menjalani karier sebagai freelance. Akan sangat mudah menjadi freelance dengan memanfaatkan kemajuan saat ini. bahkan tidak menutup kemungkinan freelance akan menjadi aktivitas dan pekerjaan membuat anda sukses ke depannya.

Menjadi seorang freelance memang bisa dilakukan siapa pun dan kapan pun. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila ingin terjun di dunia freelance. Beberapa hal penting ini bukan hanya berlaku untuk freelance pemula saja, melainkan berlaku juga untuk yang sudah lama menjalani pekerjaan freelance.

Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari jika anda seorang freelance. Diantaranya sebagai berikut ini:

1. Terlalu banyak bersantai

Freelance memang pekerjaan yang sangat santai untuk dijalani. Meskipun dilakukan denga santai, tidak seharusnya anda terlena dengan keadaan ini. ada baiknya selalu konsisten dan terus menjalankan pekerjaan dengan serius tanpa banyak bersantai.

Terlalu banyak bersantai jelas akan memperlambat semua pekerjaan. Bahkan bisa melewati batas deadline nantinya. Hal ini bukan hanya berpengaruh pada penghasilan namun berpengaruh juga pada reputasi kerja.

2. Kurang berusaha mencari job berbeda

Freelance sangat berbeda dengan kerja yang dijalankan dikantor. Freelancer memang dituntun untuk terus aktif bahkan tidak hanya bergantung pada satu jenis pekerjaan saja. Semakin banyak pekerjaan yang dilakukan akan semakin berpeluang besar memperoleh hasil besar.

Namun tetap disesuaikan dengan kemampuan masing-masing juga. Intinya jangan memaksakan melakukan job banyak tetapi tidak bisa dilaksanakan dengan maksimal. Maka dari itu pilih pekerjaan dengan baik dan bisa diselesaikan dalam waktu cepat sekalipun itu berbeda jenis pekerjaan.

3. Cepat merasa bosan

Hal yang sering dirasakan semua freelance ialah memiliki perasaan bosan. Perasaan bosan ini akan mudah timbul ketika sedang sepi job. Tetapi ketahuilah jika terus dibiarkan maka hal ini bisa merusak pikiran dan menghilangkan semangat ke depannya untuk menjalankan semua aktivitas.

Bila sudah timbul rasa bosan pada saat job sepi, segera menciptakan suasana yang positif agar tidak menimbulkan perasaan bosan. Lakukan kegiatan yang sekiranya membuat mood kembali normal sekalipun sedang sepi orderan.

4. Kurang berani mengambil pekerjaan besar

Seorang freelance bukan hanya ahli dalam satu pekerjaan saja misalnya yang masih dalam kategori kecil. Freelance seharusnya harus berani mengambil pekerjaan besar sekalipun dijalankan sendiri dan memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.

Pekerjaan yang besar bukan hanya memberikan pendapatan besar saja, melainkan berguna melatih kemampuan semakin membaik ke depannya. Dengan kebiasaan ini maka akan semakin mudah menjalankan pekerjaan-pekerjaan besar ke depannya tanpa merasa canggung lagi.

Pekerjaan besar memang menakutkan bila baru pertama kali menjalankannya. Namun akan terbiasa lagi nantinya bila dijalankan sangat sering. Maka dari itulah coba melatih diri dengan pekerjaan besar sekali-kali.

Menjadi seorang freelance jika dipandang dari luar memang menyenangkan. Namun pekerjaan ini memiliki tingkat kesulitan yang besar juga. Terlebih bila menjalankan pekerjaan yang belum pernah didapatkan sebelumnya ditempat kerja lama.

Bahkan tidak sedikit freelance akan mengalami pikiran yang stress ketika menjalankan sebuah job. Misalnya job tersebut memang hal baru yang dijumpai selama ini. Akan sangat sering juga freelance merasa pusing bila sedang mengalami sepi pembeli atau sepi job.

Tetapi freelance profesional tidak akan pernah khawatir dengan semua keadaan. Mereka akan lebih cenderung terus berusaha dan terus berfikir yang positif guna membangun mental yang kuat.

[zombify_post]

Previous articleHindari Hal Ini Agar Rekan Kerjamu Tidak Kesal
Next articleKeuntungan Jadi Pengusaha Dibanding Pegawai Kantoran