Hindari Hal Ini Agar Rekan Kerjamu Tidak Kesal

50

Lingkungan kerja formal jelas memiliki beberapa aturan yang harus ditaati semua karyawannya. Bahkan memang diwajibkan untuk terus taat pada semua aturan yang sudah diberlakukan. Pekerjaan formal bukan hanya harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan saja, melainkan harus memperhatikan juga beberapa hal yang berhubungan dengan adaptasi antar karyawan.

Hal yang perlu diperhatikan salah satunya memang cara beradaptasi dengan semua karyawan. Bila tidak diperhatikan bisa membuat kerja sama kurang terjalin dengan baik ke depannya, bahkan bisa memperhambat semua aktivitas yang dijalankan.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan karyawan pada saat ditempat kerja dan membuat karyawan lainnya menjadi kesal. Diantarnya:

1. Sering telat

Kurang disiplin waktu bukan hanya tidak disukai atasan saja, melainkan hal tersebut juga kurang disenangi oleh karyawan juga. Bahkan tidak menutup kemungkinan anda akan tidak disukai nantinya ditempat kerja hanya karena sering telat.

Bila selama ini anda sering telat berangkat kerja, ada baiknya memperbaiki hal tersebut supaya tidak terjadi terus menerus. Dengan demikian akan lebih disenangi atasan bahkan karyawan lainnya.

2. Terlalu banyak bersantai

Banyak bersantai memang tidak seharusnya dilakukan ditempat kerja. Bukan hanya kurang baik dilihat namun juga akan menghambat penyelesaian pekerjaan. Kebanyakan santai jelas akan membuat pekerjaan terbengkalai.

Cobalah memanfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin ketika sedang berada ditempat kerja. Lakukan pekerjaan dengan benar tanpa harus bersantai lebih banyak.

3. Suka melempar kesalahan

Setiap orang pasti pernah melakukan sebuah kesalahan. Termasuk juga terjadi di lingkungan kerja. Namun sering kali ketika melakukan kesalahan tidak mau mengakuinya, tetapi melempar kesalahan pada orang lain atau karyawan lain. Hal ini bukan hanya sifat yang buruk tetapi juga bisa membuat anda dibenci oleh karyawan lainnya.

Bila memang anda melakukan kesalahan ketika bekerja, lakukanlah pertanggung jawaban dari kesalahan tersebut. Dengan demikian anda akan lebih dihargai dan akan mudah menjalin kerja sama dengan karyawan lainnya.

4. Pekerjaan tidak selesai dengan baik

Pada saat mengerjakan pekerjaan dengan jumlah banyak akan membutuhkan waktu lama juga untuk menyelesaikannya hingga sempurna. Namun yang sering terjadi malah melakukan pekerjaan tidak dengan tuntas bahkan jauh dari kata sempurna.

Tindakan ini bukan hanya membuat pekerjaan kurang baik tetapi juga berpengaruh akan adaptasi dengan karyawan lainnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan dibenci karyawan lain bila tidak menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Jadi lakukan pekerjaan dengan benar dan selesaikan dengan sempurna sekalipun membutuhkan waktu yang lama.

5. Terlalu masa bodoh

Sikap masa bodoh bukan hanya mencerminkan pribadi yang kurang baik. Tetapi hal ini bisa mempengaruhi kerjasama antar karyawan lainnya bila anda bekerja di sebuah perusahaan.

Meskipun anda sudah selesai dengan pekerjaan pribadi, tidak ada salahnya membantu karyawan lain yang mungkin masih mengerjakan pekerjaan juga. Dengan bantuan anda tersebut bisa meringankan pekerjaan bahkan berdampak positif pada pertemanan anda di kantor kedepannya.

Beberapa poin di atas memiliki pengaruh yang besar bila dilihat dari segi relasi pada sebuah pekerjaan. Relasi yang baik sejatinya harus dimulai dari hal sederhana, bukan hanya berasal dari hal besar saja.

Maka dari itulah mulai memperbaiki hal kecil bila ingin menjalin kerjasama lebih baik lagi antar karyawan ke depannya. Tingkah laku yang baik jelas bisa membuat pertemanan semakin baik dalam jangka waktu panjang.

[zombify_post]

Previous articleBukan Hanya Modal Besar, Hal Berikut Mempengaruhi Kemajuan Usaha Mandiri
Next articleHindari Beberapa Hal Ini Bila Anda Seorang Freelance