Man holding hand over woman's mouth and looking at camera.

Ini Dia Ciri-ciri Pasangan yang Manipulatif, Hati-Hati Terjebak

Sikap posesif yang terlalau berlebihan merupakan salah satu tanda bahwa pasanganmu adalah seseorang yang manipulative. Berhubungan dengan orang yang manipulative dapat membuat kamu terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.

Sikap manipulative merupakan strategi psikologi yang tidak sehat dan digunakan untuk mengendalikan orang lain. Ada dua jenis orang yang manipulatif yaitu perundung dan korban. Perundung akan membuat mu merasa takut dan terintimidasi oleh tindakan serta perkataannya. Lalu, tipe korban akan membuat kamu merasa kasihan dan tidak enak pada mereka.

Ada beberapa factor yang terlibat dalam perilaku manipulatif. Factor tersebut di antaranya adalah rasa takut, kewajiban, serta rasa bersalah. Ketika kamu di manipulasi, kamu akan merasa takut dan bersalah, namun tidak dapat menolak karena merasa berkewajiban.

Berikut ini merupakan ciri-ciri pasangan mu yang manipulative, yaitu di antaranya adalah:

Menjauhkan dari teman dan keluarga

Ciri ketiga pasangan yang manipulative dia sering memanfaatkan rasa kasihan. Pasanganmu yang manipulative akan membaut situasi di mana kamu akan merasa kasihan dan iba padanya. Dari rasa simpati tersebut, tanpa kamu sadari, kamu akan membela pasanganmu dan memaklumi semua tindakan manipulatifnya.

Tidak menghargai pendapat mu

Ciri keempat pasangan yang manipulatif adalah dia tidak menghargai pendapatmu. Ketika kamu mencoba memberikan pendapat dan pandanganmu padanya, dia sering memotong atau tidak akan peduli dengan perkataan mu. Atau ketika, kamu sedang berbicara berdua, pasangan mu itu akan mendominasi percakapan. Lalu, ketika kamu mencoba untuk bercerita dia selalu menyanggah dan menganggap ceritanya lebih penting dari pada ceritamu.

Membuat mu percaya dan selalu bergantung

Ciri kelima pasanganmu manipulative adalah dia selalu membautmu percaya sehingga kamu bergantung padanya. Hal ini dimaksudkan agar hubungan mu dengan teman dan keluarga berkurang. Dia akan membuatmu lebih bergantung padanya dibandingkan pada orang lain, baik itu dalam bentuk moral maupun moril. Pasangan yang manipulative akan berusaha mengontrol mu. Jika dia berhasil menjadi tempat bergantung utama bagimu, maka pasanganmu itu akan lebih mudah mengendalikanmu.

Itulah beberapa ciri-ciri pasangan yang manipulative, jika ciri-ciri di atas terdapat pada pasanganmu, maka sebaiknya kamu meninggalkan dia sehingga kamu tidak akan terluka.