Ini Tips Cara Menghindar dari Pikiran Ingin Bunuh Diri

9
Ini Tips Cara Menghindar dari Pikiran Ingin Bunuh Diri
Sumber : Canva

Ini Tips Cara Menghindar dari Pikiran Ingin Bunuh Diri – Rasa stres yang dialami sebagian orang sering menjadi penyebab melakukan percobaan bunuh diri.

Bahkan sebagian dari mereka merasa sulit untuk menghindari pikiran buruk tersebut dan akan selalu datang menghantui. Tapi tidak akan mudah untuk bisa bangkit dalam lubang gelap serta tidak memiliki pilihan ini.

Sebagian orang menyarankan untuk melakukan sejumlah pengobatan berupa terapi untuk bisa menghilangkan pikiran untuk melakukan percobaan bunuh diri. Tapi tentu hal ini juga harus didasari oleh tekad yang kuat.

Cara Menghindar dari Pikiran Ingin Bunuh Diri

Agar saat dalam kesendirian tanpa orang-orang sekitar pikiran tersebut tidak kembali muncul. Maka dari itu simak berbagai cara untuk terhindar dari pikiran untuk bunuh diri sebagaimana mengutip dari Huffpost.com.

Ini Tips Cara Menghindar dari Pikiran Ingin Bunuh Diri
Sumber : Canva

Buat Daftar yang Terlewatkan

Cara pertama yang dilakukan agar dapat terhindar dari pikiran untuk melakukan percobaan bunuh diri adalah menulis hal-hal yang telah terlewatkan.

Misalnya saja dengan membuat sejumlah hal yang mungkin tidak akan bisa diketahui jika percobaan bunuh diri ini selesai atau berhasil.

Sebagaimana pengakuan seseorang bernama sky fischer, yang merupakan penulis dan telah bertahan dari upaya percobaan bunuh diri kurang lebih 15 tahun.

Ia membuat daftar yang mungkin terlewatkan. Contohnya saja melewatkan pertumbuhan adik laki-lakinya yang akan beranjak dewasa atau juga sejumlah konser yang mungkin ia datangi.

Pikirkan Orang-orang yang Membutuhkanmu

Berikutnya juga harus memikirkan sejumlah orang yang mungkin memerlukan kehadiran anda di sekitarnya. Contoh paling kecilnya saja adalah hewan peliharaan.

Karena terkadang sejumlah orang memutuskan untuk bunuh diri karena merasa bahwa dirinya hanyalah beban bagi orang lain. Maka dari itu jika pikiran buruk ini melanda maka coba pikirkan hal yang sebaliknya.

Sebagaimana yang coba diterapkan oleh Jennifer Jennifer MCmorrow yang juga merupakan seorang penulis.

“Dua kucing ini saya miliki di dunia untuk memberi mereka makan membawa mereka ke dokter hewan dan menyayangi mereka,” ucapnya.

Pikirkan Keadaan Saat Ini

Lalu jika upaya untuk bunuh diri kembali datang maka coba pikirkan keadaan yang sedang terjadi pada saat itu.

Karena jika seseorang justru berpikir bagaimana untuk melewati momen berikutnya yang ada dalam hidup, mungkin akan terasa lebih sulit dan pikiran-pikiran buruk kembali bertambah.

Baca Juga : Fakta Tentang,  Stres, Ternyata Dapat Bikin Sakit Pinggang

Maka dari itu perlu memfokuskan pikiran untuk apa yang dibutuhkan saat ini sekaligus juga mengambil langkah-langkah penting pada saat itu.

Mencoba Keterampilan Terapi Perilaku Dialektis

Rekomendasi terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menerapkan keterampilan terapi perilaku dialektis atau DBT.

Karena hal ini ternyata dapat mengurangi intensitas emosional berhubungan dengan segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar.

Walau secara umum tidak dapat menghentikan segala sesuatu yang dirasa kurang menyenangkan tetapi sangat membantu untuk menciptakan kedamaian.

Previous articleIni Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Karena Cemas dan Banyak Pikiran
Next articlePatut Ditiru! Metode Disiplin Ala Orang Jepang Agar Tidak Malas