Inilah 10 Fakta Unik Alas Purwo, Hutan Mistis yang Sedang Viral

Alas Purwo merupakan sebuah hutan menjadi Destinasi Wisata yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini kembali viral di media sosial, dan bahkan sempat menjadi trending topic teratas Twitter. Destinasi ini langsung menjadi perbincangan hangat sebab pesonanya disebut-sebut tidak kalah indah dari Bali.

Alas Purwo ini sebenarnya merupakan sebuah taman nasional yang di dalamnya terdapat ratusan jenis flora dan fauna khas Indonesia. Walaupun keindahannya diselimuti dengan cerita-cerita mistis, Taman Nasional Alas Purwo patut untuk dijadikan destinasi wisata mu di akhir minggu. Sebelum berlibur ke Taman Nasional Alas Purwo, kamu harus memahami dulu seluk beluk dan fakta-fakta unik tentang Alas Purwo. Nah, berikut ini merupakan fakta-fakta unik tentang Alas Purwo yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur, yaitu di antarnya:

Penamaan Alas Purwo

Fakta unik pertama Alas Purwo adalah tentang penamaannya. Alas Purwo ternyata diberi nama berdasarkan legenda tentang awal mula penciptaan Pulau Jawa. Alas Purwo ini dalam bahasa Jawa berarti ‘Hutan Pertama’ atau ‘Permulaan’

Alas Purwo Merupakan Taman Nasional

Fakta unik kedua tentang Alas Purwo adalah Alas Purwo merupakan taman nasional. Taman Nasional Alas Purwo telah diresmikan pada tahun 993. Taman nasional ini berada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Luas Alas Purwo

Fakta unik ketiga tentang Alas Purwo adalah luasnya mencapai 43.420 hektare. Area Alas Purwo memiliki empat zona. Zona itu terdiri dari Zona Inti, Zona rimba, Zona pemanfaatan , serta Zona penyangga.

Jenis Hutan

Fakta unik keempat mengenai Alas Purwo ini adalah tentang jenis hutannya. Jenis hutan di Alas Purwo ini merupakan hutan hujan dengan daratan yang rendah. Hal ini membuat Alas Purwo memiliki flora dan fauna yang beragam. Sebab pertumbuhan flora dan fauna di Alas Purwo ini sangat cepat.

Tanaman khas yang Tumbuh

Fakta unik kelima mengenai Alas Purwo adalah ada tanaman khas yang tumbuh di huran ini. Alas Purwo ini merupakan hutan yang lebat dan ditumbuhi oleh tanaman yang khas, yitu tanaman Sawo kecik. Selainitu ada pula satu jenis tanaman yang dilindungi tumbuh di hutan ini yaitu palem sedeng.

Keindahan Alas Purwo

Fata unik keenam tentang Alas Purwo adalah Keindahan Alas Purwo. Selain terkenal karena keindahan eksotisme hutannya, Alas Purwo juga dikenal memiliki keindahan alam yang lainnya. Salah satunya adalah padang Savana. Selain itu, di hutan ini pula juga ada pantai dan gua.

Terdapat Gua

Fakta unik ketujuh tentang Alas Purwo adalah terdapat Gua. Dibalik hutan nya yang lebat ini, ternayta terdapat puluhan gua yang unik. Salah satu gua yang terkenal adah Goa Istana. Goa istana ini terkenal dengan kegelapan abadinya.

Misteri Alas Purwo

Fakta unik kedelapan mengenai alas Purwo adalah banyak menyimpan misteri. Masyarakat setempat percaya dengan misteri ini. Hutan Alas Purwo ini diyakini sebagai tempat berkumpulnya seluruh jin yang ada di pulau jawa.

Di Gunakan sebagai Tempat Pesugihan

Fakta unik kesembilan tentang Alas Purwo adalah sering dijadikan tempat pesugihan. Masyarakat setempat masih melakukan aktivitas mistis di hutan ini. Misalnya saja pesugihan dan semedi demi mendapatkan ilmu hitam

Kejadian seram yang terjadi

Fakta unik ke sepuluh adalah banyak kejadian seram yang terjadi di hutan ini. Banyak kejadian seram yang terjadi di Hutan Alas Purwo salah satunya adalah orang-orang yang menghilang secara misterius. Mereka yang tidak bisa keluar dari hutan di percaya tinggal selamanya di hutan.