Inilah Cara Menolak Permintaan Orang Lain Bagi kamu Yang Sering Merasa Nggak Enakan

126
Inilah Cara Menolak Permintaan Orang Lain
Photo By: huffingtonpost.com

Inilah Cara Menolak Permintaan Orang Lain Bagi kamu Yang Sering Merasa Nggak Enakan – Rasa takut dan tidak enak sering kali membayangi ketika kamu harus menolak permintaan orang lain.

Sifat yang tidak enak hingga hubungan pertemanan yang terlalu erat semakin membuat kamu sulit untuk menolak dan mengatakan tidak kepada temanmu sendiri.

Sejatinya, tidak ada yang salah ketika kamu harus menolak permintaan temanmu sendiri. Hanya saja ketakutan yang begitu besar dari dalam diri yang membuat dirimu cenderung ragu hingga memaksakan diri untuk terus mengiyakan permintaan temanmu itu. Kebiasaan ini justru akan berubah menjadi boomerang untuk dirimu sendiri.

Bagi kamu sering merasa nggak enakan, berikut ini adalah cara untuk menolak permintaan temanmu, yaitu diantaranya adalah:

Gunakan Kata Maaf Terlebih Dahulu

Perasaan kecewa tentu saja mungkin bisa dirasakan temanmu ketika menerima penolakan terhadap permintaannya.

Nah, guna mengurangi perasaan bersalah itu, ada baiknya kamu memulai pembicaraan dengan mengutarakan kata maaf terlebih dahulu. Maka, ucapkanlah secara tulus agar temanmu dapat mengerti kondisi yang sedang kamu hadapi.

Selain mengurangi perasaan tidak enak, penggunaan kata maaf juga membuat penilaianmu terdengar lebih halus dan ramah untuk diterima. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya konflik di antara kalian.

Tawarkan Opsi Lain untuk Membantunya

Jika kamu sudah mengatakan penolakan dengan sebaik mungkin tapi masih merasa tidak enak hati, kamu bisa menawarkan opsi lain untuk membantunya.

Walaupun tidak bisa mengiyakan permintaannya, setidaknya kamu tetap berusaha untuk menolongnya sebisa mungkin.

Tawarkan sebuah pilihan bantuan lain untuk membantunya. Sesuaikan pula dengan kemampuanmu dan jangan memberikan saran yang malah memberatkanmu atau temanmu.

Katakan Jujur Tanpa Dilebih-lebihkan

Seringkali kamu mungkin merasa ragu dan takut ketika harus mengatakan alasan ketika menolak teman.

Berbohong dan menambah cerita yang dibuat-buat justru berisiko munculnya pertikaian nantinya. Maka dari itu, berkata jujurlah ketika memberi alasan kepada temanmu.

Jelaskan secara detail agar hal tersebut terdengar logis sehingga dapat diterima dengan mudah oleh temanmu.

Kuatkan Pendirian

Sudah mengatakan tidak tetapi temanmu masih saja memaksa untuk mengikutinya? Maka jangan ragu, tetaplah pada pendirianmu.

Menghadapi teman yang seperti ini, memang sulit tapi tidak berarti kamu harus selalu mengiyakan permintaannya.

Baca Juga : Dampak Buruk Bagi Orang Yang Sering Merasa “Nggak Enakan”

Jelaskan dengan kalimat yang baik agar temanmu dapat mengerti perasaanmu. Jangan sampai kamu memaksakan diri dan merasa terbebani karena mengiyakan permintaanmu.

Perhatikan Kata Yang kamu Gunakan

Pemilihan kata menjadi salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi suasana lawan bicara. Maka untuk menghindari suasana yang tidak nyaman, maka susunlah terlebih dahulu kata-kata yang akan kamu katakan padanya.

Kamu juga bisa menyelipkan sedikit candaan agar lebih santai. Dengan begitu hubungan pertemanan tetap akan terasa nyaman dna tidak meninggalkan kesan buruk terhadap kamu dan temanmu.

Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Pada saat temanmu meminta pertolongan, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa dirinya percaya kamu adalah teman yang bisa diandalkan.

Walaupun berujung penolakan, baiknya kamu tetap mengucapkan terima kasih untuk mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikannya padamu.

Selain itu, terbiasa mengucapkan terima kasih dapat membawa energi positif. Perilaku ini juga memberi kesan saling menghargai satu sama lain sehingga penolakan tersebut tidak menyakitkan.

Previous articleTernyata 5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Dijadikan Menu Sarapan
Next articleMitos Pernikahan Beracun Yang Bisa Merusak Hubungan