Inilah Ciri-Ciri Sahabat Sejati. Apakah Kamu Sudah Menemukannya?

Tidak semua teman dapat dikatakan sebagai sahabat sejati. Tentunya, kamu pernah mendengar cerita tentang pertemanan atau persahabatan yang akhirnya menghancurkan orang lain. Ada pula sahabat yang hanya memanfaatkan sahabatnya, ada juga yang mengkhianati sahabatnya, ada yang posesif, dan bahkan ada juga yang menghambat kesuksesan sahabatnya sendiri. Dalam hubungan persahabatan tentu saja kamu menginginkan sahabat yang tulus, yang selalu mendukungmu setiap saat, kamu pun ingin menemukan sahabat sejati. Lalu, apakah sahabat mu ini adalah sahabat sejatimu? Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri sahabat sejati, yaitu di antaranya adalah:

Menerima semua kelebihan dan kekurangan mu

Ciri sahabat sejati yang pertama adalah dia selalu menerima kelebihan dan kekurangan mu. Sahabatmu tidak akan berusaha mengubahmu dan menjadi orang lain. Dia akan selalu menerima mu apa adanya, dari mulai kepribadianmu hingga kelemahanmu. Bukan berarti dia akan menyetujui semua yang kamu katakan, atau semua yang kamu lakukan. Hanya saja, jika kalian memiliki pendapat yang berbeda, dia tidak akan bermaksud untuk menyerang kamu.

Bersamanya, kamu akan selalu menjadi diri sendiri, tidak ada aturan dan kepura-puraaan. Meskipun muncul konflik, tapi kalian akan mudah untuk memaafkan.

Tidak meninggalkanmu di masa-masa sulit

Ciri kedua dari sahabat sejati adalah dia tidak akan meninggalkan mu di masa-masa sulit. ketika kamu berada dalam masa sulit, sahabat sejati tidak akan pernah meninggalkan mu dan selalu menawarkan bantuan sebisa dia. Dia pun akan berusaha untuk mengembalikan keceriaan dan semangatmu lagi. Sahabat mu tidak akan menganggap kesusahan mu sebagai beban, justru dia akan menunjukkan kasih dan pengorbanannya.

Merayakan keberhasilan mu dengan tulus

Ciri ketiga sahabat sejati adalah dia selalu merayakan keberhasilan mu dengan tulus. Orang lain biasanya akan cemburu dengan keberhasilanmu mencapai sesuatu yang baik dalam hidup, namun sahabat sejatimu tidak akan merasa cemburu dan sirik, justru dia akan turut menyelamatimu dan merayakannya bersamamu dengan tulus. Misalnya, ketika kamu yang terlebih dulu mendapat pekerjaan, atau lebih dulu menemukan pasangan, sahabat sejatimu akan ikut bahagia atas kebahagiaanmu.

Mengenalmu lebih dalam dari pada orang lain

Ciri keempat sahabat sejati adalah dia lebih mengenalmu lebih dalam dari pada orang lain. sahabat sejati mu akan mengetahui rahasia yang kamu pendam, dia juga akan mengingat impianmu, menghafal kebiasaan mu yang unik yang tidak semua orang tahu. Kamu pun akan merasa aman dan nyaman menceritakan kehidupan mu kepadanya. Sahabat sejati tidak puas jika hanya mengenalmu di permukaan saja. Dia bahkan akan melihat potensi yang ada ada dalam dirimu, yang kamu sendiri tidak menyadarinya.

Menyampaikan kebenaran walaupun pahit.

Ciri ketiga yang dimiliki sahabat sejati adalah dia akan menyampaikan kebenaran walaupun itu sesutu yang pahit untuk didengar. Orang lain mungkin tidak akan terlalu pusing jika kamu membuat pilihan-pilihan yang buruk dalam hidupmu, namun sahabat sejatimu akan selalu menginginkan yang terbaik untukmu. Dia tidak berusaha berbohong dan menutupi sesuatu hanya demi menyenangkan hatimu.

Sahabat sejatimu akan berani menegur kesalahan mu dan menyampaikan fakta yang sebenarnya beresiko dapat menyinggung perasaanmu. Layaknya besi yang menajamkan besi, sahabat sejati akan berproses untuk saling menajamkan satu sama lain.