Inilah Kontroversi Yang Membuat Joseon Exorcist Berhenti Tayang

174

Drama Korea terbaru SBS yaitu Joseon Exorcist yang tayang perdana pada Senin (22/3/2021) menuai banyak kontroversi. Hal ini karena masyarakat Korea tidak nyaman ketika banyak penggunaan makanan dan property bergaya Tiongkok dalam adegan drama tersebut dan banyak terjadi distorsi sejarah pada drama tersebut. Akibatnya drama ini mendapatkan banyak protes hingga masyarakat melayangkan petisi untuk memberhentikan penayangan drama yang baru tayang 2 episode ini.

Pada tanggal 26 Maret 2021, SBS akhirnya mengumumkan pernyataan resmi bahwa drama ini akan berhenti tayang. Nah berikut ini merupakan kontroversi dan kronologis yang membuat drama Joseon Exorcist berhenti tayang, yaitu di antaranya adalah:

Adegan Makanan dan Properti China

https://ione.net/bom-tan-joseon-exorcist-bay-mau-vinh-vien-sau-tranh-cai-xuyen-tac-lich-su-4254333.html

Pada episode pertama dikisahkan bahwa pangeran Chungnyeong (Jang Dong Yoon) yang berada di perbatasan Joseon dan Dinasti Ming untuk menjamu tamu-tamunya. Dalam adegan tersebut terlihat sajian yang disuguhkan adalah makanan Tiongkok, seperti pangsit, telur pidan, dan kue bulan. Peralatan makan yang digunakan pun seperti sumpit, guci, dan busana para karakter pun bergaya Tiongkok. Hal ini menuai kontroversi.

Adanya Distorsi Sejarah

https://www.kpopmap.com/9-historical-kdramas-of-2021/

Cerita dalam drama Joseon Exorcist pun menjadi kontoversi. Sebab, masyarakat Korea Selatan menilai adanya Distorsi Sejarah. Terdapat sebuah adegan di mana Raja Taejong yang dijabat oleh Pangeran Yi Bang Won membunuh rakyatnya. Padahal dalam sejarahnya, Pangeran Yi Bang Won Mendukung Sang Ayah (Raja Taejo) dan berperan dalam mendirikan Dinasti Joseon.

Klarifikasi pihak SBS

https://www.soompi.com/es/tag/joseon-exorcist

Setelah banyak kontroversi, pihak SBS memberikan klarifikasi mengenai menu makanan dan property Tiongkok yang digunakan dalam drama tersebut berkaitan dengan cerita dan lokasi drama. Pasalnya penggunaan property itu untuk menekankan bahwa Pangeran Chungnyeong yang sedang berada di Provinsi Uju (perbatasan Dinasti Ming).

SBS Meminta Maaf dan Akan Menghapus adegan Kontroversi

https://kdramaclicks.com/kdrama/joseon-exorcist/

Untuk menenangkan para penonton maka SBS meminta maaf dan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kesalahan tim produksi yang tidak menyadari isu tersebut. Ke depannya SBS berjanji untuk mengedit bagian tersebut semaksimal mungkin dan tidak akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi penonton

SBS menyanggah adanya pendanaan dari Tiongkok

https://www.soompi.com/tag/jang-dong-yoon/trending

Sejak munculnya kontroversi terebut, pihak SBS menyanggah adanya pendanaan dari Tiongkok. Mereka mengatakan bahwa drama tersebut diproduksi menggunakan dana Korea.

SBS mengatakan Bahwa  Joseon Exorcist merupakan drama Sejarah yang dilebur dengan fantasi

https://koicine.com/joseon-exorcist-phim-truyen-hinh-han-ve-zombie/

Pihak SBS juga menekankan bahwa sebenarnya drama Joseon Exorcist merupakan bentuk ekspresi dalam menghadapi ketakutan yang menggunakan tokoh sejarah yang dibalut dalam elemen fantasi.

Rating Drama Menurun dan Para Sponsor ikut Hengkang

https://www.idntimes.com/hype/entertainment/safitri-intan/sinopsis-kdrama-joseon-exorcist-c1c2

Dalam penayangan episode kedua drama Joseon Exorcist memperoleh rating 4,5 % dan 5,9%. Rating tersebut menurun dibandingkan dengan episode pertamanya yang mendapatkan rating 5,7% dan 8,9%. Selain rating yang turun, sejumlah produk yang telah bekerja sama dengan drama ini seperti produk kursi pijak COzyma, perawatan kesehatan Hoguanwon, hingga LG dan AC telah membatalkan kontrak iklan mereka.

SBS akan undur penayangan dan pada akhirnya penayangan di hentikan

https://www.kpopmap.com/netizens-slam-upcoming-k-drama-joseon-exorcist-for-seeming-to-similar-to-kingdom/

Tayangan ulang drama Joseon Exorcist di televisi maupun platform steaming yang telah tayang sejauh ini akan dihentikan hingga pihak produksi selesai mengedit drama tersebut. Pihak SBS akan mengatur ulang seluruh cerita dan mengambil jeda satu Minggu dari siaran minggu depan.

Pada akhirnya drama yang baru tayang 2 episode ini dibatalkan. Keputusan ini diumukan oleh pihak SBS pada 26 Maret 2021 yang lalu.

Previous articleDrama Korea Yang Batal Tayang dan Berhenti Tayang di Televisi
Next article5 Istana Negara Yang Punya Desain Khas Nan Ikonik