Inilah Manfaat Bila Suka Melakukan Sedekah

44

Bersedekah sebenarnya sebuah tindakan yang sangat sering kita dengarkan dalam ajaran agama. Sedekah bahkan memang diajarkan dalam semua ajaran agama saat ini. Misalnya dalam ajaran agama Islam memang menyebut sedekah bila anda dan saya memberikan sedikit rezeki kepada orang lain.

Terlepas dari ajaran agama, sebenarnya melakukan sedekah memiliki manfaat yang sangat besar, terutama pengaruhnya langsung pada pribadi masing-masing orang, namun yang jelas bukan manfaat untuk menyombongkan apa yang sudah anda dan saya lakukan untuk orang lain diluar sana.

Berikut Ini Manfaat Yang Akan Di Dapatkan Bila Suka Melakukan Sedekah Setiap Waktu Dalam Kehidupan Anda Dan Saya Saat Ini, Diantaranya Ialah:

  • Menumbuhkan Rasa Empati Kepada Orang Lain

Melakukan sedekah sama saja dalam artian memberikan sedikit hal yang ada pada kita untuk orang lain. Baik itu berupa uang, makanan, pakaian dan lain sebagainya. Dengan tindakan sedekah ini nantinya mampu menumbuhkan rasa empati yang tinggi pada jiwa seseorang tanpa memandang status dari orang tersebut. 

Namun yang jelas empati yang baik akan tumbuh bila melakukan sedekah dengan ikhlas dan tanpa paksaan atau dengan tujuan tertentu misalnya agar mendapat pujian dari orang lain di sekitarnya.

  • Menghilangkan Sifat Kikir

Sifat manusia pada umumnya memang selalu tidak akan puas dengan apa yang sudah dimiliki saat ini terlebih berkaitan dengan harta. Maka dari itulah perlu melakukan tindakan sedekah yang mana bertujuan juga untuk menghilangkan sifat kikir. 

Melakukan sedekah sama saja membagikan semua pemberian Allah kepada kita untuk orang lain juga. Karena harta yang melimpah memang titip dari Tuhan dan bukan harta yang bersifat kekal melainkan hanya sementara.

  • Agar Rezeki Semakin Lancar

Melakukan sedekah sebenarnya tidak mengurangi harta anda dan saya sedikitpun. Namun melakukan sedekah bisa membuat rezeki semakin di lipat gandakan nantinya. Maka dari itulah selalu bersedekah bila ingin mendapatkan rezeki yang terus mengalir sepanjang kehidupan ini. 

Namun perlu di ingat bila rezeki yang akan datang nantinya bisa saja bukan berupa harta, namun bisa saja sebuah jalan yakni yang memudahkan anda dan saya menuju langkah ke depannya misalnya berkaitan dengan masa depan.

  • Memperkuat Rasa Syukur

Melakukan sedekah saja memperkuat rasa syukur yang diberikan pencipta kita selama ini dalam kehidupan. Memberi sedekah sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa pun tanpa memandang harta yang ada dalam kehidupan sehari-hari. 

Bahkan sedekah bisa dilakukan oleh kalangan yang ekonomi ke bawah, dengan bersedekah ini berarti selalu mensyukuri semua hal yang sudah dimiliki selama ini dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menumbuhkan Jiwa Persaudaraan

Persaudaraan sebenarnya bukan hanya berdasarkan dari kelahiran dari orang tua yang sama saja, melainkan persaudaraan lebih pada makna luas yakni dengan orang-orang yang ada di sekitar kita saat ini.

Dengan melakukan sedekah berarti sama saja menjaga maupun menumbuhkan jiwa persaudaraan yang lebih luas, tanpa memandang dari status sosial seseorang. Jadilah orang yang memiliki jiwa persaudaraan yang besar dengan melakukan sedekah tanpa paksaan.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan bila suka melakukan sedekah pada orang-orang di sekitar anda dan saya yang mungkin membutuhkan pertolongan kita saat ini. Melakukan sedekah sebaiknya dilakukan dengan penuh ketulusan dan tanpa adanya paksaan sedikitpun dari pihak lainnya. Sedekah yang tulus jelas bisa menambah berkat dalam kehidupan ke depannya bagi anda dan saya. 

[zombify_post]

Previous articleKamu Bukan ‘SODA GEMBIRA’ Yang Bisa Bikin Semua Orang Bahagia
Next articleHindari Bermusuhan, Lakukan Hal Ini Untuk Mantan