Inilah Menu Sarapan Ala Korea Yang Pas Buat Anak Kos, Kamu Juga Bisa Mencobanya!

Inilah Menu Sarapan Ala Korea Yang Pas Buat Anak Kos, Kamu Juga Bisa Mencobanya – 

Banyak orang yang suka melewatkan sarapan, terutama anak kos. Jika kamu mau membuat menu sarapan ala youtuber Korea, simak beberapa resep sederhana berikut. Kamu bisa memilih salah satu dari ke 3 resep menu sarapan ala Korea yang cocok buat anak kos.

Omelette Rice atau Omu-rice

 

Bahan-bahan: Nasi secukupnya, 1/3 wortel, ¼ siung bawang bombai, 1 helai daun bawang, Daging cincang/kornet secukupnya, 2 butir telur

Bumbu: 1 sdm saus tomat, 1 sdm saus tiram /1 sdm kecap, Garam, Minyak

Cara membuat:

  • Siapkan sayur-sayuran. Iris bawang bombai dengan wortel berbentuk dadu berukuran kecil. Kemudian iris juga daun bawang bentuk memanjang dan cincang halus.
  • Siapkan mangkuk kosong dan masukkan nasinya. Kemudian ceplok telornya dan taruh di permukaan nasi. Lalu aduk serta campur antara nasi dengan telur sampai rata.
  • Tuangkan minyak ke wajan. Masukkan daun bawang dengan api kecil. Masukkan daging cincang. Aduk hingga berwarna kecokelatan. Kemudian, masukkan wortel dan bawang bombai. Tambahkan saus tomat dan saus tiram/kecap. Aduk hingga merata.
  • Tuangkan nasi dan aduk hingga merata. Setelah selesai, pindahkan nasi ke piring. Ditata melebar, ya.
  • Sekarang, kita siapkan telur dadarnya. Kocok telur di mangkuk, tambahkan garam. Goreng telur agak setengah matang, tempatkan telur dan tata di atas nasi.

One Pan Toast

 

Bahan yang dibutuhkan: Roti tawar 2 lembar (potong jadi dua). Keju 1 lembar (bagi menjadi 2 bagian tengahnya). Telur 1 butir, dikocok (bila kurang, bisa pakai dua butir telur untuk masing-masing helai roti), Selai stroberi, Mentega

Cara membuat:

  • Siapkan wajan di atas api kecil. Beri mentega hingga leleh seluruhnya. Masukkan setengah telur yang sudah dikocok ke wajan. Kemudian taruh sepotong roti di permukaan telur (posisinya telur berkulit berada di dalam, kemudian dibalik. Ulangi untuk setengah potong sisanya.
  • Balik telur sehingga roti ada dibagian bawah, menghadap wajan. Lipat telur ke dalam roti sampai rata. Kemudian berikan keju di potongan roti pertama dan oleskan selai stroberi dipotongan sebelahnya. Lipat roti tunggu sebentar lalu dipindah ke piring.
  • Ulangi langkah tersebut untuk helai roti lainnya.

Stir-Fried Tomatoes and Eggs

Bahan yang dibutuihkan: tomat 1 butir, telur 2 butir (dikocok lebih dulu), sosis secukupnya, daun bawang 1 lembar, Minyak ataupun mentega.

Bumbu: 1 siung bawang putih (ditumbuk), ½ sdm gula, ½ sdm kecap

Cara membuat:

  • Potong tomat jadi dua bagian, buang bagian atasnya. Potong-potong seperti memotong apel. Iris sosis, jangan terlalu tipis. Iris juga daun bawang,
  • Siapkan wajan diatas api kecil, beri mentega atau minyak. Tuang telur yang sudah dikocok, buat jadi telur orak-arik. Lalu pindahkan ke piring.
  • Siapkan wajan kembali, dengan api sedang, beri minyak. Tuang bawang daun, sosis, dan tomat. Tambahkan bawang putih, gula, dan kecap. Aduk semuanya hingga merata. Setelah tomat melembek, tuangkan orak-arik telur, aduk hingga merata.
  • Tuangkan campuran telur dan tomat yang diatas nasimu. Dan selesai.

Nah, itu adalah 3 menu sarapan ala Korea yang murah meriah dan cocok buat anak kos. Yuk, siapkan bahan-bahannya dari sekarang ya untuk persiapan masak besok!