Inilah Para Seniman Muda Penerus Didi Kempot Menyanyikan Lagu-lagu Jawa

Seorang maestro penyanyi lagu-lagu jawa atau yang dikenal dengan genre campursari, Didi Kempot, telah meninggalkan kita semua. Kepergian pria asal Surakarta tersebut membuat hati para pencinta musik, khususnya lagu-lagu jawa, jadi 'ambyar'. Sedih, dan kita semua tentu akan merindukan suara merdu penyanyi yang punya nama lengkap Didik Prasetyo tersebut.

Didi Kempot meninggal dunia pada 5 Mei 2020 kemarin di RS Kasih Ibu, Surakarta, Jawa Tengah. Kepergian Didi Kempot terbilang sangat mengagetkan. Sebab sebelumnya pasangan dari Yan Vellia tersebut tak menunjukkan gejala sakit apapun. Bahkan ia masih sempat menggelar beberapa konser untuk menggalang dana untuk membantu orang-orang yang terdampak wabah Covid-19. Didi Kempot diduga terkena serangan jantung.

Kepergian pelantun lagu Pamer Bojo tersebut harus kita ikhlaskan. Kita berdoa semoga sang mendiang mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan.

Tak perlu khawatir, setelah kepergian Didi Kempot, kita akan tetap bisa menikmati lagu-lagu jawa yang tak kalah enaknya. Kita bisa mendengarkan lagu-lagu berbahasa jawa seperti ciptaan Denny Caknan dan lagi sebagainya. Dan tentu saja banyak seniman-seniman muda yang akan melanjutkan semangat Didi Kempot dalam melestarikan lagu-lagu berbahasa daerah.

Siapa saja penyanyi lagu-lagu jawa yang mungkin dapat melanjutkan dalam menelurkan karya seperti Didi Kempot?

  1. 1 Denny Caknan


    Pemuda asal Ngawi, Jawa Timur ini memiliki nama asli Deni Setiawan namun lebih populer dengan sebutan Denny Caknan. Namanya mulai melejit ketika meluncurkan lagu dengan judul Kartonyono Medot Janji.  Lagu yang dirilis pada 4 Mei 2019 di Youtube tersebut (saat artikel ini ditulis) mendapatkan 140 juta view. Angka yang luar biasa untuk sebuah lagu dengan bahasa daerah.

    Sukses dengan single tersebut, Caknan semakin agresif mengeluarkan lagu-lagu karyanya. Di antara nomor yang tak kalah hits adalah Sugeng Dalu, Sampek Tuwek, Tanpo Tresomu. Semua lagu ciptaan Denny Caknan ini selalu mendapat perhatian dari pencinta musik tanah air.

    Kesuksesan Denny Caknan tersebut membuatnya kini kerap mendapat undangan untuk tampil di berbagai panggung. Dan tak jarang pula, baru-baru ini ia sering tampil di acara televisi nasional.

  2. 2 Hendra Kumbara



    Salah satu kandidat yang akan meneruskan popularitas Didi Kempot adalah seorang pria asal Semarang bernama Hendra Kumbara. Nama Hendra Kumbara sendiri melejit setelah mengeluarkan lagu dengan bahasa jawa berjudul Dalan Liyane.

    Lagu yang mengisahkan tentang kehilangan tersebut dirilis pada tahun 2019 kemarin. Ketika artikel ini ditulis, video klip untuk lagu tersebut mendapat 17 juta view di Youtube.

    Lagu ini sangat digemari oleh para pemuda karena menceritakan suatu kisah percintaan yang cukup tragis. Para jomblo dan sobat ambyar dapat dipastikan akan mampu menjiwai lagu ini.

  3. 3 Happy Asmara


    Usia Happy Asmara masih terbilang sangat muda. Gadis kelahiran di Kediri tersebut saat ini masih berusia 20 tahun. Namun demikian, ia sudah mampu menelurkan sejumlah karya dalam bentuk lagu-lagu menggunakan bahasa daerah layaknya sang legendaris Didi Kempot.

    Nama Happy Asmara seringkali kali viral karena lagu-lagu yang ia bawakan. Wanita yang kerap tampil dengan rambut lurus ini sering membawakan lagu-lagu populer termasuk Dalan Liyane milik Hendra Kumbara. Namun ia bukan hanya sekedar artis cover lagu orang saja.  Happy Asmar juga memiliki sejumlah lagu sendiri di antaranya adalah Tak Ikhlasno (2019).

    Itulah di antara penyanyi lagu berbahasa daerah yang bisa melanjutkan popularitas Didi Kempot di Indonesia. Kalau menurut kamu, siapa yang paling favorit di antara nama-nama di atas?